Momen Istimewa Ultah JK

 Momen Istimewa Ultah JK
Kue ultah spesial dari Kepala BNPB Doni Monardo. Keduanya berulang tahun di bulan yang sama (Mei). Momen spesial itu terjadi di Jenewa, Swiss, 15 Mei 2019. (foto: Egy Massadiah)

JAYAKARTA NEWS – Banyak tokoh besar lahir di bulan Mei. Sebut saja Sigmun Freud, neurologis asal Austria yang ide-idenya sangat mempengaruhi bentuk budaya modern, lahir pada 6 Mei 1856. Bintang sepakbola Inggris, David Beckham, lahir 2 Mei 1975. Di Indonesia, tokoh kekinian setidaknya ada dua nama besar, Wakil Presiden Jusuf Kalla (lahir 15 Mei), dan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo (lahir 10 Mei).

Uniknya, dua tokoh Indonesia itu berada di tempat yang sama saat momentum ulang tahun itu tiba. JK dan Doni sama-sama berada di Jenewa, Swiss untuk menghadiri Global National Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019 yang diselenggarakan di Conference Centre Geneva (CCG), 12 – 17 Mei 2019.

Suhu 14 derajad Celcius pun terasa sedikit hangat dengan kejutan ulang tahun JK. Persis 15 Mei 2019 dini hari di Lobby Hotel Beau Rivage Jenewa, Jusuf Kalla menerima ucapan selamat ulang tahun dari segenap rombongan yang menyertainya. Selain Paspampres, para ajudan, staf Setwapres, turut memberikan ucapan selamat adalah Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo.

Uniknya, Doni menyajikan kue ulang tahun di atas sepotong kayu yang masih lengkap dengan kulitnya. Acara spontan dan sederhana itu berlangsung hikmad dengan doa dari para delegasi yang mendampingi. Seorang teman bertanya, apakah Doni secara khusus mempersiapkan kue ultah beralaskan kayu asli yang dibawa dari Jakarta?

Tidak. Ternyata semua terjadi secara alamiah. Menurut Egy Massadiah, staf khusus Kepala BNPB yang berada di lokasi, susana malam itu justru bisa dibilang suasana “kepepet”. Jelang tengah malam, Doni belum sempat memesan kue ultah. Akhirnya Doni memesan kue kepada pada chef pastry hotel tempat mereka menginap. Kue seharga 45 Euro itu (sekitar 700 ribu rupiah) kemudian muncul dan ternyata atas kreativitas dan spontanitas chef, kue disajikan di atas papan kayu bertuliskan, “Selamat Ultah Pak JK” dari bahan coklat manis.

Kue ini menjadi istimewa karena yang memberikan adalah seorang jenderal pecinta pohon. Chef pastry hotel tidak tahu kalau Doni Monardo adalah seorang pecinta dan ahli pohon-pohonan. “Chef itu seperti paham betul kesukaan Jenderal Doni,” ujar Egy.

Alkisah, momen ultah itu pun kian istimewa, karena tepat di usia JK yang ke-77. Anda tahu? Bahwa pelat nomor mobil dinas Doni Monardo adalah RI-77. Apakah sebuah kebetulan? Akan tetapi, bukankah tidak ada faktor kebetulan di atas bumi? Entahlah.

Selamat ultah pak JK. Selamat ultah, pak Doni. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *