Merah-Hitam Corona di Tangan Bintara

 Merah-Hitam Corona di Tangan Bintara

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Fadil Imran ketika memberi pengarahan kepada raturan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Pasuruan Raya. (foto: Polda Jatim)

Jayakarta News – Kalau ditera dengan “timbangan berita”, peristiwa Tatap Muka Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran dengan para bintara Bhabinkamtibmas Pasuruan, bisa dibilang ringan-ringan saja. Siapa sangka, di balik “straight news” tadi mengandung “news value” yang sangat besar.

Mungkin tidak banyak pejabat yang menyadari peran Bhabinkamtibmas dalam ikut menentukan hitam-merah-kuning-hijau-nya suatu wilayah akibat pandemi Covid-19. Tidak demikian dengan Kapolda kelahiran Makassar, berusia 51 tahun ini. Di matanya, Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan.

Para bintara itu pula yang menjadi ujung tombak kepolisian dalam ikut serta membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19. Sekadar informasi, Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai kelurahan. Mereka bertugas mengemban fungsi pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Babinkamtibmas adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Umumnya mereka adalah bintara dengan tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Ajun Inspektur. Menilik cakupan wilayah, maka jumlah Bhabinkamtibmas di Kabupaten dan Kota Pasuruan mendekati angka 400 personel.

Di Kabupaten Pasuruan terdapat 341 Desa, dan 24 Kelurahan yang tersebar di 24 Kecamatan. Sedangkan, Kota Pasuruan terdiri atas 34 kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan. Data http://infocovid19.jatimprov.go.id/ (25/7/2020) mencatat Kota Pasuruan masih bertengger di zona merah (risiko tinggi). Sementara Kabupaten Pasuruan bertahan di zona oranye (risiko sedang).

Tidak keliru jika Irjen Fadil menggelar tatap muka sembari memberi pengarahan kepada ratusan Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Pasuruan Raya. Acara yang digelar di Graha Wilwatikta, Jl. DR. Soetomo, Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, baru-baru ini, berlangsung sangat cair.

Irjen Fadil meminta para Bhabinkamtibmas selalu membangun komunikasi yang baik dengan warga, menanyakan setiap masalah dan kendala, merespon setiap keluhan, serta memberikan solusi di bidang ekonomi maupun sosial. Dalam bekerja, mereka juga diminta bekerjasama dengan Babinsa dan pihak Puskesmas untuk terus memantau perkembangan kesehatan fisik dan psikologi pasien Covid-19 agar pandemi Covid-19 di wilayah Pasuruan dan Pasuruan Kota lekas membaik.

Pengarahan disampaikan dalam suasana rileks. Tak heran, meski sebagian wajah mereka tertutup masker, tetapi dari sorot matanya memancarkan rasa senang dan bahagia. Terlebih ketika Kapolda Fadil Imran melempar gimmick menarik.

Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran bermain kuis dengan Bhabinkamtibmas Pasuruan. (foto: Polda Jatim)
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo juga ikut memberi pertanhyaan berhadiah kepada Bhabinkamtimbas Pasuruan. (foto: Polda Jatim)

Ketika Kapolda memulai semacam kuis, ruangan pun seketika gaduh berebut melempar jawab. Pertanyaan kuis juga diberikan oleh Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo. Bagi yang menjawab dengan tepat dan cepat, Kapolda dan Wakapolda memberinya hadiah.

Begitulah cara Kapolda Fadil Imran “memberi vitamin” psikis kepada anak buahnya. Membawanya ke suasana gembira. Suasana hati yang gembira, dipastikan akan meningkatkan kinerja. Di samping, meningkatkan imunitas.

Muaranya, Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak yang tangguh. Setangguh mobil operasional yang terparkir di halaman Graha Wilwatikta. “Mobil Tangguh Keliling Kebal Covid-19, Polres Pasuruan.”. (roso daras)

Kapolda Jatim dan jajarannya dalam kegiatan Tatap Muka Kapolda dengan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah hukum Pasuruan Raya. (foto: Polda Jatim)
Sorot mata “sumringah” Bhabinkamtibmas Pasuruan ketika mengikuti kuis yang dimainkan Kapolda Fadil Imran dan Wakapolta Slamet Hadi. (foto: Polda Jatim)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *