‘Mangkujiwo’ , Cerita Awal tentang Lahirnya Kuntilanak

 ‘Mangkujiwo’ ,  Cerita Awal tentang Lahirnya Kuntilanak

JAYAKARTA NEWS— Berbagai versi tentang makhluk Kuntilanak lengkap dengan cerita mistis dan dongeng mewarnai cerita horor di Indonesia. Kali ini, sutradara Azhar Kinoi Lubis menggarap film bergenre horror thriller bertajuk ‘Mangkujiwo’ yang merupakan cerita awal tentang lahirnya Kuntilanak?

Meski berasal dari Medan, tapi Azhar Kinoi cukup teliti menggarap film yang sangat kental dengan mistik Jawa. “Saya sudah lama tinggal di Jawa dan sering membaca buku-buku tentang budaya dan mistik Jawa,” terangnya.

Bahkan, Azhar Kinoi juga memasukkan beberapa tembang Jawa dalam film yang akan tayang 30 Januari 2020. Dan pilihan dia sangat tepat yaitu Sujiwo Tejo sebagai pemeran utama pria. Sujiwo adalah seorang dalang, dan budayawan lulusan ITB dan pernah jadi wartawan bidang budaya harian Kompas.

Sujiwo Tejo –foto istimewa

Sujiwo didapuk menjadi Brotoseno. Mangkujiwo adalah kisah asal muasal sosok Kuntilanak yang merupakan akibat langsung dari perseteruan antara dua tokoh, Brotoseno dan Cokrokusumo (Roy Marten) dalam memperebutkan pengaruh dan kekuasaan atas Loji Pusaka.

Perebutan Loji Pusaka membuat Brotoseno harus melepas jabatannya karena difitnah oleh Cokrokusumo. Brotoseno merencanaksn balas dendam melalui bayi yang dikandung oleh Kanthi (Asmara Abigail), hasil hubungan gelap dengan Cokrokusumo.

Kanthi harus menjalani pasung karena fitnah sebagai perempuan yang mengandung anak setan. Seperti apa balas dendam yang dilakukan Brotoseno? Apakah anak dari Cokrokusumo dan Kanthi akan lahir dalam keadaan normal?

“Saya bermain total di fillm ini. Dan saya juga nembang (menyanyikan lagu Jawa) di beberapa adegan,” kata Sujiwo Tejo. Film produksi MVP Pictures berdurasi 109 menit ini dibintangi oleh Asmara Abigail, Sujiwo Tejo, Roy Marten, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, Djenar Maesa Ayu, Septian Dwi Cahyo, Landung Simatupang  dan Samuel Rizal. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *