Connect with us

Kabar

Ketika IPeKB tidak Sosialisasikan KB tapi Covid-19

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Petugas penyuluh lapangan yang biasa “blusukan” ke rumah-rumah penduduk ataupun tampil dalam suatu acara, kini tidak saja mengajak masyarakat untuk ikut Keluarga Berencana (KB) saja.

Tapi para petugas yang tergabung dalam Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) itu juga mensosialisasikan bagaimana menyikapi virus Corona atau disebut Covid-19 yang sedang melanda Negeri ini.

Kehadiran para petugas penyuluh KB itu ternyata bagian dari program kantor Perwakilan BKKBN Jatim dalam menghadapi sekaligus penyebaran Covid-19.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Sukaryo Teguh Santoso Kamis(23/4), pengerahan petugas IPeKB itu jumlahnya 2000an lebih dan tersebar di 38 kabupaten/ kota di Jatim.

Peran petugas yang menjadi ujung tombak BKKBN dalam menarik masyarakat untuk KB ini luar biasa dalam menjalankan tugas “barunya” karena dengan uang sendiri mereka juga membeli masker saat melakulan sosialisasi ke masyarakat.

Menurut Teguh, sebelum melakukan sosialisasi tentang Covid-19 terlebih dahulu dibekali tentang Covid-19 yang telah banyak membawa korban.

Pihaknya juga mengatakan, selain penyuluh KB yang melaksanakan tugasnya, BKKBN juga mengajak mitra kerja untuk mensosialisasikan bagaimana memutus mata rantai penularan Covid-19.

Secara terbuka Teguh mengemukakan, pihaknya melakukan refocusing anggaran yang diwujudkan dalam bentuk pembelian APD untuk para petugas kesehatan yang membutuhkan. “Ini adalah bentuk suport bagi provider pelayanan KB agar nyaman dan memberikan pelayanan di masa pandemi,” katanya.

Selain itu pihaknya juga melaksanakan program Rabu Berbagi yakni kegiatan dengan membagi-bagikan masker dan juga makanan kepada masyarakat sebagai bentuk solidaritas. “Dananya dari hasil urunan para karyawan BKKBN Jqtim dan juga dari IPKB yang ada di daerah,” demikian Teguh. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *