“Keteguhan Hati”, Syarat Sukses Diet

 “Keteguhan Hati”, Syarat Sukses Diet

DIET menjadi gaya hidup masyarakat kota. Tidak laki-laki, tidak perempuan, banyak yang melakukan program diet. Tidak hanya metode, program diet menggunakan produk-produk tertentu juga banyak beredar dan dikonsumsi masyarakat. Mulai dari diet golongan darah yang sempat booming sampai diet yang dipopulerkan oleh beberapa artis ibukota seperti diet mayo, diet ketofastosis, diet OCD, dan diet paleo.

Sebenarnya masih banyak ragam diet lain, tergantung orang yang memilih mau diet macam apa. Program-program tersebut menawarkan produknya untuk mendampingi diet yang sedang dilakukan biasanya dengan iming-iming tidak perlu bersusah payah berdiet apabila memakai produk mereka.

Ada yang diet dengan maksud menjaga kesehatan karena pola makan yang tidak teratur dan tingkat stress yang menumpuk mengakibatkan sakit maag yang berkepanjangan. Lalu ia pun memilih menggunakan salah satu program diet yang diiringi oleh produk. Selama setahun menjalani program diet, sakit maagnya tidak pernah kambuh lagi dan berat badannya pun menjadi lebih ideal.

Peminat untuk berdiet pun beragam dari orangtua, remaja, hingga anak anak, mulai dari kesehatan hingga meraih bentuk tubuh yang lebih ideal.

Persepsi orang awam dalam memahami istilah diet selama ini memang salah karena menurut sebagian orang diet itu hanya untuk menurunkan berat badan padahal cakupan diet sendiri luas. Diet adalah pengaturan makanan untuk tujuan tertentu. Tujuannya pun bermacam-macam dari tujuan kesehatan ataupun tujuan estetika.

Dalam tubuh kita ada batas ambang normal atau standar kondisi tubuh, baik kondisi berat badan maupun kondisi laboratorium (darah, urin, feses,) apabila keadaan berbeda, baik lebih atau kurang yang berdampak pada kesehatan maka perlu pengaturan makanan.

Alangkah lebih baik kita menjalani program diet yang ditawarkan dengan berbagai macam ragam itu, dikonsultasikan dulu ke dokter gizi, karena diet itu tidak sama antar orang per orangnya. Beda tujuan beda hasil lab, beda berat dan beda tinggi badan maka berbeda pula cara dietnya.

Diet diperlukan niat dan keteguhan hati itu salah satu syarat untuk kesuksesan diet karena diet dijalani bukan untuk sehari atawa dua hari, tapi dalam jangka panjang  dengan niat yang kuat dan keteguhan hati untuk merobah pola makan dan mengatur makanan akan menjadikan diet menjadi enjoi.

“Pengaturan makan” itulah yang disebut diet. Selamat mencoba…. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *