Jusuf Kalla, “Tak Ada Latif, Barber pun Jadi”

 Jusuf Kalla, “Tak Ada Latif, Barber pun Jadi”
Jusuf Kalla, potong rambut di “Premiur Barber”, New York. (foto: ist)

Jayakarta News – Tak disangkal, hampir semua “orang besar” memiliki banyak privasi. Sesuatu yang bersifat privat itu, termasuk dalam urusan cukur-mencukur rambut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, misalnya, memiliki tukang cukur rambut pribadi bernama Latif. Hanya Latif saja yang berkenan di cita-rasa Jusuf Kalla dalam hal urusan potong-memotong rambut. Juga kumis, tentunya. Alhasil, jika JK senantiasa tampil dengan potongan rambut yang ajeg dan “khas JK”, tak lain itu berkat Latif.

Jadwal potong rambut JK, rata-rata 15 hari sekali. Itu artinya, dalam satu bulan, Latif harus datang ke kediaman untuk merapihkan rambut dan kumis orang nomor dua di Indonesia.

Masalahnya, bagaimana kalau JK berada di luar negeri lebih dari 10 hari? Seperti yang baru-baru ini terjadi, JK berada di New York, Amerika Serikat selama tak kurang dari dua minggu untuk mengikuti serangkaian Sidang Umum PBB di sana.

JK sedang dicukur. (foto: ist)

Demi merasakan rambutnya sudah harus dipotong, maka “tak ada Latif, barber pun jadi”. Hari itu, Kamis tanggal 26 September 2019. Seperti biasa, berangkat-pulang ke-dan-dari Hotel Westin – Markas PBB  Jusuf Kalla dan anggota delegasi berjalan kaki.

Sore itu, JK spontan mampir ke pangkas rambut, tak jauh dari Hotel Westin, tempatnya menginap. Ia ditemani cucunya, Ahmad Fikri Susanto yang akrab dipanggil Abang. Jarak tempunya terhitung hanya empat menit jalan kaki. Nama tempat potong rambut itu adalah “Premium Barber”. Usai potong rambut, Abang bercerita bahwa kakeknya membayar ongkos cukur 15 dolar AS atau jika dikurs rupiah menjadi Rp 213.000.

Sejak tahun 2015 Jusuf Kalla selalu memimpin delegasi RI menghadiri sidang umum PBB di NY. Dalam ingatan saya, setidaknya sudah dua kali Jusuf Kalla menyempatkan diri potong rambut di New York. Perjalanan sekitar dua minggu meninggalkan tanah air membuat JK harus merapikan rambutnya di mana saja, termasuk di NY. Apalagi esoknya (Jumat 27 Sep 2019) JK tampil berpidato di GA PBB. (egy massadiah)

Wakil Presiden Jusuf Kalla, menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB, dengan tampilan fresh usai potong rambut sore sebelumnya. (foto: ist)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *