Connect with us

Sport

Gemerincing Medali Karate Bhayangkara Presisi di Thailand Open

Published

on

Tim Karate Bhatangkara Presisi di Thailand Open 2023/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Tim Karate Bhayangkara Presisi yang belum sempat diresmikan berjaya di Negeri Gajah Putih, Thailand. Sebanyak 13 Karateka muda anggota Kepolisian Republik Indonesia sukses bersaing berebut medali dalam ajang Thailand Open Karate Championship 2023 yang dilaksanakan di Rangsit University Sport Institution, Pathum Thani, Thailand.

Sebanyak 13 Polisi hebat yang terdiri atas 3 polisi wanita dan 10 polisi laki berhasil meraih 2 emas 3 perak dan 4 perunggu serta bertengger di peringkat akhir perolehan medali.

Medali pertama Tim Karate Bhayangkara Presisi diraih oleh Briptu Ni Made Nada Dwimayanti. Polwan yang sehari-hari bertugas di Sat Brimobda Polda Bali berhasil meraih perunggu di nomor Kumite +68 kg setelah di babak semifinal dikalahkan oleh  Kewalin Songklin yang merupakan anggota Timnas Karate Asian Games Thailand dengan skor 5-3.

Perjuangan karateka polisi Indonesia berbuah manis saat Bripda Bagus Yuda Dwi Maulana sukses meraih emas di nomor kumite -67 Putra dengan menghempaskan perlawanan karateka tuan rumah proyeksi Asian Games 2023 Worakrit Chanchang dengan skor 11-6.

Bintara yang bertugas di Direktorat Samapta Polda Jatim yang juga peraih emas PON XX/2021 Papua ini, bermain sempurna sejak babak awal mengalahkan lawan-lawannya menunjukkan kelasnya sebagai karateka kelas dunia.

Emas Bripda Bagus disusul oleh IPDA Nora Septiana yang meraih emas di nomor Kumite -68 kg putri. Perwira Polwan yang sehari-hari bertugas Satuan Wanteror Gegana Korbrimob Polri mengalahkan karateka andalan tuan rumah, Namkhao Penpisut dengan skor 4-2.

Selain itu 3 perunggu lainnya dipersembahkan oleh  Bripda Mohammad Gibran. Bintara Polda Sulsel ini pada babak final bronze kumite -75 kg putra mengalahkan Sikkal Karransingh asal Afrika Selatan dengan skor telak 8-0.

Perunggu ketiga dipersembahkan oleh Bripda Masita Zahwa Purwanto, Polwan anggota Wanteror Gegana Korbrimob Polri di babak final bronze mengalahkan karate Tim PON Sumatra Utara, Trie Rantika dengan skor 2-0. Perunggu juga dipersembahkan Bripda Mohammad Fadillah. Bintara Direktorat Samapta Polda Metro Jaya ini mengalahkan Gogliardo Alfredo Gavarini asal Italia di babak perebutan perunggu kumite -84 kg putra.

Di hari terakhir kejuaraan internasional yang diikuti 18 Negara dan 754 peserta, Tim Karate Bhayangkara Presisi menurunkan 3 regu andalannya. Di Kumite Beregu Putra yang diawaki Bripda Bagus Yuda Dwi Maulana, Bripda Mohammad Gibran, Bripda Mohammad Fadillah, Bripda Dino Henry Tutu, Bripda Dicky Martuah Sipayung, Bripda Rifan dan Bripda Roberto Octo Karly, meraih medali perak setelah di babak final dikalahkan Regu tuan rumah  Thailand.

Begitu pula Tim Kumite Beregu Putri Polisi Wanita Indonesia yang diawaki oleh IPDA Nora Septiana, Briptu Ni Made Nada Dwimayanti dan Briptu Masita Zahwa Purwanto, meraih perak setelah dikalahkan tuan rumah Thailand.

Di nomor kata (kerapihan jurus) Tim Kata Beregu Karate Bhayangkara Presisi harus puas meraih perak setelah dikalahkan Tim Kata Beregu Hongkong. Tim Kata Beregu yang terdiri atas Bripda Arnoldus Dewa Sare Ofong, Bripda Faisal Herwind dan Ashar Al Annas yang bertugas di Resimen Pelopor Korbrimob Polri, membukukan nilai 40.0 hanya berselisih 1 angka dengan Tim Hongkong yang meraih nilai 41.1

“Ini adalah bukti sukses rekrutmen anggota Polri melalui program pemanduan bakat Rekpro Polri yang dipadukan dengan pelatihan dari pelatih-pelatih hebat di negeri ini seperti Mursalim Bado’o, Tebing Hutapea, Danny Franky Nelson dan I Putu Deddy Mahardika,” ujar Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo sang manager Tim.

” Dengan hasil juara umum 4 di Kejuaraan Internasional Thailand Open 2023 Tim Karate Bhayangkara Presisi optimis merebut juara umum pada perhelatan Pesta Olahraga Kepolisian Dunia di cabang olahraga Karate yang akan diselenggarakan pada 2025 di New York, Amerika Serikat,” ujar Prof. Kikiek.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *