Connect with us

Kabar

Empat Mahasiswa Timor Leste Ikuti Pengukuhan Maba Unusa 2020

Published

on

Jayakarta News— Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali mengukuhkan sebanyak 1775 Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2020-2021. Para mahasiswa baru mengikuti acara pengukuhan secara khidmat. Namun ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena sebanyak 4 mahasiswa baru asal Timor Leste turut serta dalam acara pengukuhan secara online, Sabtu (17/10).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya mengapresiasi terlaksananya acara tersebut.

Khofifah berpesan agar mahasiswa Unusa menyukseskan visi dan misi Unusa dalam menyiapkan generasi rahmatan lil alamin. Secara ideologi, Unusa mengemban ideologi Nahdlatul Ulama yang menganut paham Ahlussunah wal jama’ah. Ideologi tersebut merupakan sebuah pola pikir yang akan memberikan kedamaian dan keramahan.

“Mahasiswa Unusa harus membantu penguatan program-program di Jawa Timur dan Program-program penguatan nasional. Karena Unusa berperan serta dalam membawa Islam yang ramah dan damai,” katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA menyampaikan bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan perguruan tinggi keagamaan islam swasta binaan Nahdlatul Ulama yang didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS).

Sampai saat ini Unusa tetap konsisten dalam pemerataan bidang pendidikan, tidak hanya yang kaya saja bisa masuk Unusa.  Namun, Unusa juga memberikan porsi kepada masyarakat kurang mampu. 

“Saya yakin ke depannya di usia ke 10 tahun, Unusa akan menjadi kampus terbaik di Indonesia. Di usia yang ke 7 tahun saja, berbagai prestasi telah ditorehkan Unusa,” tambahnya.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng mengatakan, tahun ini, pengukuhan mahasiswa baru Unusa ada yang berbeda, karena dilaksanakan secara virtual dan ada 4 mahasiswa baru dari Timor Leste.  Mereka adalah Muslim Jakar (S1 Manajemen), Adnan Manuel (S1 Keperawatan), Nofa Amalia Soares (S1 Keperawatan), Koiru Nisa R Costa (S1 Keperawatan).

Saat ini memasuki abad ke-21. Perkembangan abad ke-21 ini memunculkan society 5.0 sebagai super smart society, serta perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan dan  berdampak pada tuntutan kompetensi para mahasiswa saat ini.  

“Keterampilan abad 21 membuat mahasiswa hidup dan tinggal dalam lingkungan dengan percepatan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat tinggi disertai pola-pola komunikasi dan kolaborasi yang baru. Keterampilan di abad ke-21 membuat mahasiswa harus memiliki keterampilan 4C (Creative, Critical, Collaborative, and Communication),” katanya saat memberikan sambutan di Auditorium lantai 9 Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya.(poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *