Bedah Buku “Trilogi Teater Alam”

 Bedah Buku “Trilogi Teater Alam”

Tiga pembicara akan membedah buku “Trilogi Teater Alam”, pada soft launching Minggu, 23 Desember 2018 di Amphi Teater, Taman Budaya Yogyakarta. Satu set buku “thee in one” itu masing-masing berjudul “Azwar AN, Manusia Teater” (Buku 1), “Teater Alam di Panggung Zaman” (Buku 2), dan “Potret Teater Alam, Warna-warni Testimoni” (Buku 3).

Buku “Trologi Teater Alam”, diterbitkan atas kerjasama Teater Alam dan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiga buku ukuran A-5, dalam kemasan boks itu, memiliki ketebalan total mencapai 900 halaman.

Penerbitan buku itu melengkapi perjalanan Teater Alam yang menginjak usia 47 tahun pada 4 Januari 2019 nanti. Selain penerbitan buku, Teater Alam juga mementaskan drama “Montserrat”, Sabtu (8/12/2018) di Concert Hall TBY, dan sukses. Kapasitas 900 seat, dibanjiri tak kurang dari 1.200 penonton. Mereka tidak beringsut dari tempat duduk sejak awal hingga 2,5 jam kemudian, usai pementasan. Pementasan itu juga mendapat apresiasi media.

“Pementasan dan penerbitan buku ini, menjadi semacam tonggak eksistensi Teater Alam sejak berdiri 4 Januari 1972 hingga hari ini, dan semoga selamanya,” ujar Udik Supriyanta, salah seorang panitia. Ia menambahkan, anggota Teater Alam saat ini tersebar di berbagai tempat dan berbagai bidang pengabdian. Ada yang menjadi Rektor IKJ Jakarta, Dekan FSP ISI Yogyakarta, pengusaha, lawyer, jurnalis, dan tidak sedikit yang masih menekuni teater, bahkan beberapa di antaranya memimpin kelompok teater,” papar Udik.

Termasuk, tiga orang pembedah buku yang dihadirkan. Mereka adalah anggota Teater Alam. Yang pertama, Prof Dr Yudiaryani, MA, dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, yang akan membahas buku “Teater Alam di Pangggung Zaman”. Kedua, Roso Daras jurnalis senior yang akan mengupas buku “Azwar AN Manusia Teater”. Ketiga, Bambang J. Prasetya, praktisi media seni publik yang akan mengulik buku “Potret Teater Alam, Warna-warni Testimoni”. (rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *