Connect with us

Kabar

Banjir kok Langganan…

Published

on

HUJAN sehari-hari, menebar teror banjir di sebagian wilayah Indonesia. Banten Selatan termasuk di antaranya. Wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, banjir menggenang antara 60 cm hingga satu meter. Di Pandeglang, banjir merendam enam kecamatan. Sedangkan di Lebak, banjir merendam tiga desa di Kecamatan Leuwidamar.

“Sudah biasa…. Setiap musim hujan, kali Ciseumeut meluap. Tiga desa di Kecamatan Leuwidamar jadi langganan banjir,” ujar Eko (45), warga Desa Cieumeut, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Kamis (9/2). Hal sama juga dilontarkan Risman (41), warga Desa Pagelaran, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang. “Bagi kami, kedatangan banjir hal biasa. Udah rutin, jadi kami tidak kaget lagi,” kata Risman.

Tiga desa di Kecamatan Leuwidamar yang terndam adalah Desa Wantisari, Lebakparahiang, serta Ciseumeut. Puluhan rumah terendam sebatas lutut kaki orang dewasa. Air meluap dari Kali Ciseumeut sejak malam hari.

Sementara, tujuh kecamatan di Pandeglang hampir tenggelam, di antaranya Kecamatan Patia, Pagelaran, Sukaresmi, Panimbang, Munjul, Angsana, dan Cikeusik. Tak lama setelah banjir datang, tampak relawan turun tangan. Bahkan, mereka juga dibantu relawan KSB (Kampung Siaga Bencana) di kecamatan masing-masing. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *