Agus Gumiwang Gantikan Idrus Marham

 Agus Gumiwang Gantikan Idrus Marham
Agus Gumiwang Kartasasmita

POLITIKUS Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (24/8) sore di Istana Negara, dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri, karena ingin berkonsentrasi menghadapi masalah hukum dirinya dii Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agus Gumiwang dilantik Presiden Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 148/P/2018, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014  -2019, tertangga 24 Agustus 2018.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini, merupakan putra mantan Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri Indonesia, Ginandjar Kartasamita di era pemerintahan Soeharto.

Agus Gumiwang, memulai karir politiknya sebagai anggota MPR, perwakilan dari unsur pengusaha dari Gapensi, tahun 1997 -1999. Selanjutnya, Agus Gumiwang, terpilih sebagai anggota DPR, periode 2004 – 2019.

Ketua DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengaku diminta menggunakan jas dan peci untuk datang ke rumah Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto melalui telepon pukul 11.45 WIB, Jumat (24/8) siang.

“Beliau mengatakan saya dapat tugas dari Presiden untuk menangani Kementerian Sosial (Kemensos) karena Pak Idrus Marham telah menyampaikan surat pengunduran diri,” kata Agus Gumiwang kepada wartawan usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial (Mensos), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8) sore.

Agus menilai, Kementerian Sosial merupakan sebuah institusi pemerintah yang sangat penting, terutama terkait dengan keinginan dari pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo untuk mengangkat, menghilangkan atau mengurangi kemiskinan.

“Di sini peran dari Kementerian Sosial sangat besar. Selain itu secara bersamaan meningkatkan daya beli masyarakat. Ada stimulan-stimulan dari pemerintah untuk menggerakkan ekonomi, saya kira kementerian ini adalah kementerian yang sangat strategis,” jelas Agus. (Ignatius Gunarto)

Presiden Joko Widodo saat melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Menteri Sosial RI.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *