Ada Marilyn Monroe di Museum Angkut

 Ada Marilyn Monroe di Museum Angkut

MUSEUM Angkut. Nama museum yang sekilas biasa-biasa saja. Faktanya, objek wisata yang terletak di Jl Terusan Sultan Agung Atas, Kota Wisata Batu, Jawa Timur itu, menjadi destinasi wisata favorit. Bisa jadi, karena setelah masuk museum, kita dibawa ke aneka zona yang menakjubkan.

Objek wisata yang termasuk grup Jatim Park itu, menyambut pengunjung dengan karakter robot Transformer dan Bumble Bee. Sangat mengesankan bagi pengunjung anak-anak. Jika anak-anak senang, maka orangtua mana yang tidak girang. Alhasil, tiket masuk Rp 90.000 di hari libur (Rp 60.000 di hari Senin – Kamis), menjadi tidak lagi terasa mahal.

Museum yang dibagi berdasa tema atau zonasi itu, menyajikan aneka jenis alat angkut, dari era purba hingga modern. Ruang pertama, berisi pesawat angkut, helikopter, aneka mobil tua, sepeda motor tua, sampai onthel klasik. Beberapa objek, asli, beberapa lainnya berbentuk miniatur.

Zona edukasi ada di lantai dua. Isinya, riwayat angkutan di Indonesia, dari masa ke masa. Di sudut lain, tampak kapal Titanic. Nah, zona selanjutnya, disebut Sunda Kelapa. Nama lain dari Jakarta tempo doeloe. Di zona ini, elemen angkut tertutup oleh dominasi VOC.

Nah, yang tak kalah menarik, adalah zona gangster world dan broad way street. Pengunjung dikenalkan dengan raja mafia Al Capone, suasana negeri Paman Sam dengan gedung-gedung pencakar langit yang kesohor, dan alat angkut pada zamannya. Di zona broad way street, terpampang sosok Marilyn Monroe. Entahlah, apakah Marilyn Monroe termasuk ragam alat angkut? He…he…he…..

Di museum yang sudah kesohor ke luar negeri ini, juga ditampilkan zona Eropa. Isinya, icon negara dan alat angkut negara tersebut, seperti Italia, Perancis, Jerman, Inggris, Spanyol, dan lain-lain. Bahkan, Istana Buckingham dengan Ratu Elizabeth tak ketinggalan. Beberapa jenis kendaraan yang terpajang, antara lain ada merek Austin, Mini Cooper, Roll Royce, Black Burn, Triumph, dll.

Kembali ke Amerika, terdapat zona kota judi Las Vegas dan Hollywood yang masyhur. Las Vegas digambarkan dengan aneka lampu warna-warni. Sementara di Hollywood kita bisa menyaksikan aneka jenis mobil yang digunakan pada film-film box office. Jadi, jangan heran kalau di sini, aneka jenis mobil James Bond juga tersedia.

Ada satu yang sangat menarik adalah wahana roket. Sayang, untuk bisa menikmati rasanya jadi astronaut, harus ikut antrean yang sangat-sangat panjang. Daripada berdiri pingsan, lebih baik ke Zona Apung, tempat aneka souvenir dan makanan tersedia. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *