Ada Apa dengan Ulin?

 Ada Apa dengan Ulin?

SELAMA ini pohon lin dikenal sebagai tanaman khas Kalimantan.  Manfaatnya, terutama  sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, perkapalan, dan perabot lain. Namun mendadak kayu ulin banyak diperbincangkan masyarakat. Ada apa dengan ulin?

Keistimewaannya, karena Presiden Joko Widodo bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud melakukan penanaman pohon ulin di taman belakang Istana Merdeka, Jakarta. Kegiatan ini dilakukan usai pertemuan antara Presiden dan Raja Salman dengan para ulama serta tokoh Islam di Indonesia, pada Kamis, 2 Maret 2017.

Pohon yang ditanam Raja Salman dan Presiden berasal dari jenis ulin atau dikenal dengan kayu besi. Jenis tanaman tersebut merupakan pilihan langsung Presiden Joko Widodo. Menurutnya, kayu ulin merupakan jenis kayu yang paling kuat. Ulin yang merupakan tanaman khas Kalimantan itu juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Pemilihan jenis tanaman tersebut dimaknai sebagai harapan Presiden kepada Raja Salman. Ia mengharapkan kerja sama dan persahabatan yang semakin erat antara kedua negara. “Kayu ulin itu kayu yang paling kuat. Supaya hubungan kita menjadi kuat sekali, sekuat kayu ini,” Jokowi menjelaskan sambil menyirami pohon yang ditanam oleh Raja Salman.

Proses penanaman pohon itu sendiri berlangsung sekira 10 menit. Setelahnya, Presiden Joko Widodo mengantar Raja Salman menuju kendaraasnya untuk meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan. ***

Digiqole ad

Related post

2 Comments

  • Perlu dilestarikan dan dibudidayakan Tanaman kayu ulin, selain kayu yang kuat anti rayap saat ini sudah berkurang di budiyakan oleh masyarakatpulau kalimantan. Presiden dan Raja Salman memberikan contoh kepada masyarakat indonesia untuk lebih banyak menanam pohon ulin mari menanam pohon ulin

  • Apakah pohon Ulin atau kayu besi sama dengan Trembesi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *