7 Manfaat Baking Soda untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

 7 Manfaat Baking Soda untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

SODA  kue, yang  juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, adalah salah satu zat serba guna itu. Sediaan ini  digunakan untuk  memanggang, membersihkan, dan menciptakan eksperimen sains yang menyenangkan, seperti gunung berapi yang menggelegak, sehingga dianjurkan agar setiap saat di masing-masing  rumah tangga  memiliki setidaknya satu kotak baking soda.

Tetapi  baking soda bukan hanya untuk tujuan yang disebutkan di atas. Ternyata, zat inu juga  baik untuk rambut, kulit, dan tubuh Anda. Perlu diingat, karena senyawa ini bersifat basa, bila dikombinasikan dengan air, maka hasilnya  menjadi agak asam dan dapat berbahaya jika digunakan secara berlebihan. Apabila  menggunakannya pada kulit Anda, cobalah  setetes terlebih dahulu di atas kulit Anda untuk melihat bagaimana reaksu kulit Anda terhadapnya.

Manfaat Baking Soda

1. Membantu menghilangkan jerawat
Baking soda memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dan menghentikan pembekakan jerawat.  Ada sedikit penelitian tentang ini, tetapi dengan mempertimbangkan bahwa jerawat adalah suatu kondisi kulit wajah dengan peningkatan lemak (minyak) yang menyumbat pori-pori, alkali dalam baking soda dapat mengeringkan area ini, membunuh bakteri yang dihasilkan.

Bagaimana caranya? Cukup campur 1 sendok teh  baking soda dengan air hangat dan kenakan di kulit selama 1-2 menit, lalu cuci dengan air dingin. Lakukan ini selama 2-3 hari, kemudian lanjutkan seminggu sekali sampai jerawat mereda. Apabila  Anda menemukan bahwa soda kue menyebabkan iritasi pada kulit Anda, karena Anda  peka terhadap penggunaannya, maka Anda harus segera menghentikan penggunaannya  untuk tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

2. Membuat gigi berkilau
Banyak pasta gigi mengandung soda kue sebagai bahan, tetapi Anda bisa menambahkan soda kue ke pasta gigi biasa untuk meningkatkan kekuatannya. Karena tekstur soda kue yang kasar, dapat lebih baik memecah partikel makanan dan bahkan residu / noda kuning. Sifat alkali / asamnya juga membantu melawan plak, bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi, menurut penelitian.

Cukup letakkan soda kue di sikat gigi Anda dengan pasta gigi dan sikat selama dua menit. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa hari. Namun, perlu diingat, jangan menggunakan terlalu banyak atau melakukannya terlalu sering, karena dapat menghilangkan enamel pelindung gigi Anda.

3. Mengatasi kulit terbakar dan melepuh

Bikarbonat dalam baking soda telah ditemukan untuk membantu mengobati kulit terbakar dengan mendinginkan kulit dan bahkan mengeringkan kulit yang melepuh.

Untuk melakukan ini, ada dua metode. Pertama, Anda bisa menggunakannya di kamar mandi. Cukup isi bak mandi  dengan air dingin, dan saat air mengalir, tambahkan satu cangkir soda kue. Saat Anda rileks di bathtub, kulit Anda akan mulai terasa lebih baik.

Metode kedua, adalah dengan membuat pasta dengan komposisi ½ cangkir soda kue dan air dingin yang cukup untuk membuat pasta yang tipis. Oleskan ini di kulit Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit, lalu lepaskan pasta kering dengan ujung jari.

4. Meningkatkan warna kulit
Jutaan orang mengalami warna kulit tidak merata yang disebabkan oleh sel kulit mati dan jaringan kering. Soda kue dapat membantu ini dengan membersihkan sel-sel dan jaringan kulit mati, menghilangkan kadar asam.

Soda kue adalah zat yang dapat mengeksfoliasi kulit Anda dengan bertindak sebagai scrub yang lembut untuk membantu mengangkat sel-sel dan jaringan kulit ini untuk cahaya yang halus dan sehat.

Cara untuk melakukannya adalah dengan mencampur 1-2 sendok makan  baking soda dengan air mawar yang disaring. Letakkan pasta di wajah dan selama satu menit. Gosok dengan jari, lalu cuci dengan air hangat dan keringkan. Lakukan ini 1-2 kali per minggu. Perlu diperhatikan, saat  melakukan ini, gunakanlah pelembab, karena soda kue akan mengeringkan kulit Anda.

 

5. Menghilangkan bau badan
Kemampuan membunuh bakteri soda soda sangat bagus untuk menetralkan bau badan. Komponen pelembap  juga berfungsi sebagai penghilang keringat secara alami. Bahkan ada banyak deodoran dan antiperspiran yang tersedia di pasaran dengan baking soda sebagai bahan utama.

Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri, cukup campur ⅛ sendok teh soda kue dengan 1 sendok makan air, untuk menghilangkan kelembapan dan menetralkan aroma.

Jika Anda ingin memastikan bahwa tubuh Anda wangi, Anda dapat menambahkan minyak esensial favorit Anda ke dalam campuran. Kemudian, ambil bola kapas, dan usap bagian yang terkena, dan berjalan keluar pintu rumah Anda untuk keyakinan apa yang baru Anda ditemukan ini.

 

6. Menghapus ketombe
Jutaan orang di seluruh dunia bermasalah dengan ketombe, terutama di daerah beriklim panas dan dingin yang ekstrem. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan soda kue. Ini disebabkan oleh tekstur berpasir yang dapat menghilangkan kulit dan jaringan yang mengelupas/ mati.

Untuk melakukan ini, gosok 1 sendok makan baking soda pada rambut basah, dan gosok kulit kepala. Lakukan ini selama satu menit, lalu  mencucinya. Lakukan ini seminggu sekali.

7. Membantu dengan rambut berminyak / bau
Selain dapat  menetralkan minyak dan bau pada kulit, baking soda juga dapat melakukan hal yang sama   pada rambut. Rambut berminyak memiliki kecenderungan untuk “menangkap” kotoran dan berbau lebih dari rambut kering, sehingga rambut  lebih cepat kotor dan berbau.

Untuk mengatasi masalah ini, campur satu bagian baking soda ke dalam tiga bagian air, dan letakkan di atas rambut lembab selama lima menit sebelum dibilas.

Anda bahkan dapat menambahkan minyak esensial favorit Anda untuk tujuan aroma. Lakukan ini sebulan sekali untuk mendapatkan tekstur rambut yang sehalus sutra dan lebih seimbang.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *