3-B: Bermain, Bernyanyi, Bercerita

 3-B: Bermain, Bernyanyi, Bercerita

INI adalah tips penting untuk buah hati kita. Ada tips yang perlu dicatat tentang bagaimana mengajari anak usia balita berdaya mencegah pelecehan seksual. Yang utama adalah mengajarkan jenis-jenis sentuhan. Itu hal yang kelihatan remeh tetapi sangat penting. Buat anak-anak menghargai tubuhnya. Ini tidak saja penting bagi anak, tapi juga penting bagi keluarga.

Sentuhan, bagi anak balita, ada yang bisa masuk kategori “boleh”, “membingungkan”, dan “tidak boleh”. Tiga jenis sentuhan itulah yang harus ditanamkan dan dikenalkan sejak dini. Pertama jenis sentuhan yang boleh. Bagian yang boleh di antaranya “menyentuh dari bahu ke atas atau dari lutut ke bawah. Tanamkan juga bahwa sentuhan yang dia dapat adalah sentuhan kasih sayang. Terakhir, teman atau sahabat sejenis boleh menyentuh.

Kategori berikutnya adalah jenis sentuhan yang membingungkan. Misalnya, menyentuh badan dimulai dari bahu sampai atas lutut. Kemudian menyentuh kasih sayang dan nafsu. Terakhir, keluarga yang boleh menyentuh.

Agar tidak membingungkan, maka perhatikan jenis sentuhan yang tidak boleh. Pertama, bila seseorang menyentuh bagian yang ditutup pakaian renang. Kemudian yang juga tidak boleh, menyentuh dan meraba paha, dada, dan bagian dekat kemaluan. Terkait hal-hal yang tidak boleh tadi, tanamkan bahwa hanya diri sendiri yang boleh menyentuh.

Nah, persoalannya kemudian adalah bagaimana cara melakukan sosialisasi itu kepada anak? Tiga tips, lakukan dengan 3B, yakni bermain, bernyanyi dan bercerita. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *