WNI Karyawan Pabrik di Ethiopia Sehat dan Aman

 WNI Karyawan Pabrik di Ethiopia Sehat dan Aman

Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia Al Busyra–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Dunia masih diselimuti bahaya Covid-19. Namun masih ada secercah kabar melegakan yang datang dari WNI di Afrika.

“Masyarakat Indonesia di Ethiopia berjumlah 163 orang. Syukur, semuanya sampai sekarang berada dalam keadaan sehat, baik dan aman. Kami juga rutin menelpon masyarakat Indonesia untuk menanyakan keadaan mereka dan berbagi informasi terkini,” kata Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia Al Busyra.

Hampir sebagian besar WNI di Ethiopia merupakan karyawan pabrik. Sebanyak 92 orang WNI bekerja di tiga pabrik tekstil di Hawassa Industrial Park. Kawasan tersebut dikabarkan dalam keadaan baik, sehat dan aman.

foto istimewa

Dari tiga pabrik tekstil itu dua di antaranya merupakan perusahaan Indonesia, yaitu Century Garment Plc dan Sumbiri Intimate Apparel Plc. Sementara satu perusahaan asing lainnya adalah TAL Plc. Masyarakat Indonesia itu sudah bekerja di perusahaan tersebut selama tiga bulan sampai dua tahun. Sebagian besar mereka bekerja selama satu sampai dua tahun. 

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika setelah melakukan video meeting dengan tiga pimpinan perusahaan tersebut akhir Februari lalu tepatnya pada Senin (30/2/2020), yaitu Joseph Jaya Kumar dari P.T. Century Garment Plc., Rodolfo Angala dari P.T. Sumbiri dan Iksan Santoso Supadi dari P.T. TAL.

Hawassa Industrial Park adalah sebuah kawasan industri yang diperuntukkan bagi perusahaan asing yang melakukan investasi di Ethiopia. Kawasan industri ini terletak di kota Hawassa, 273 km selatan Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa.

“Kami mengadakan pertemuan melalui video dengan pimpinan perusahaan tersebut guna memastikan masyarakat Indonesia yang bekerja di perusahaan mereka dalam keadaan baik dan aman sehubungan dengan wabah COVID-19. Kami mencatat bahwa perusahaan tersebut telah melakukan berbagai persiapan dengan baik dalam mengantisipasi kemungkinan berkembangnya COVID-19 lebih luas di Ethiopia,” kata Duta Besar Al Busyra.

Pada kesempatan itu, Duta Besar Al Busyra Basnur juga menyampaikan berbagai pesan dan harapan kepada pimpinan perusahaan bagi keselamatan pekerja masyarakat Indonesia.

Sampai hari ini (Senin 30/3) terdapat 23 kasus positif COVID-19 di Ethiopia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk mengatasi penyebaran virus di Ethiopia. ***/alf

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *