Warga Baduy Klarifikasi Kecurangan

 Warga Baduy Klarifikasi Kecurangan

SEJUMLAH perwakilan masyarakat Baduy Luar, Kabupaten Lebak, mendatangi KPUD Kota Tangerang. Isu kecurangan pada Pilkada Gubernur Banten yang diembuskan kubu pasangan calon yang kalah, Rano Karno – Embay, telah meresahkan masyarakat Baduy Luar. “Kami mendengar kabar ada kecurangan dalam pemungutan suara Pilgub Banten, di Kota Tangerang. Makanya, kami datang ke sini,” ujar Erwin, mewakili rombongan, Selasa (21/2).

Berita yang mereka dengar dari media massa maupun dari orang per orang menyebutkan, bahwa surat suara yang tidak digunakan untuk mencoblos, kemudian dicoblos untuk pasangan calon tertentu. “Kami ingin Pilkada yang jujur dan bersih,” ujar Erwin, perwakilan masyarakat Baduy dari Desa Kanekes. Ia pun menyebutkan, di masyarakat Baduy Luar, surat suara yang tidak terpakai, dianggap tidak ada.

Erwin juga mengatakan, apa yang ia sampaikan merupakan amanah masyarakat Baduy Luar. Dalam kesempatan itu ia menegaskan beberapa kali, bahwa kedatangannya bukan mewakili salah satu pasangan cagub-cawagub yang ikut kontestasi Pilkada Banten. “Pada prinsipnya, kami murni mewakili masyarakat. Siapa pun yang menang, kami terima dan kami dukung,” tandas Erwin.

Sementara itu Sanusi Pane, Komisioner KPUD Kota Tangerang mengapresiasi sikap masyarakat Baduy Luar. “Kedatangan mereka ke sini hanya menyampaikan amanah. Mereka mewakili kelompoknya yang peduli terhadap demokrasi,” ujar Sanusi.

Sanusi pun mengklarifikasi bahwa tidak benar, rumor yang beredar, bahwa ada kecurangan dalam Pilkada lalu di Kota Tangerang. Ditambahkan, bahwa KPU itu lembaga transparan yang kinerjanya bisa diaudit. Sudah bukan zamannya lagi melakukan kecurangan untuk menggapai kemenangan.

Setelah mendapat penjelasan dari Ketua KPU Kota Tangerang, rombongan warga Baduy Luar pun merasa puas. Sepulang dari Kota Tangerang, mereka berjanji akan memberikan informasi yang jelas dan benar, sehingga masyarakat Baduy Luar tidak terprovokasi oleh kabar kecurangan dalam Pilkada Banten. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *