Videografer Banyumas, Juarai Lomba “Ingat Pesan Ibu”

 Videografer Banyumas, Juarai Lomba “Ingat Pesan Ibu”

Jayakarta News – Media siber Jayakarta News dan Komunitas Ruang Hidup, menutup akhir September 2020 dengan pengumuman bahagia pemenang lomba video singkat “Ingat Pesan Ibu” bagi 8 orang pemenang. Mereka berhak atas total hadiah sebesar 2,5 juta rupiah, merchandise, dan e-sertifikat.

Pemimpin Redaksi Jayakarta News, Roso Daras mengatakan, kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk mewadahi kreativitas generasi muda di bidang videografi. “Ini kegiatan pertama kami. Komunitas Ruang Hidup yang berisi anak-anak muda kreatif dan mandiri, saya minta mengawal pelaksanaannya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Tema utama yang diusung dari lomba ini adalah “Ingat Pesan Ibu” ihwal penerapan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak/hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun. Lomba ini di adakan sebagai bentuk kepedulian Jayakarta News terhadap wabah Covid-19 yang masih mengancam kita semua.

Diharapkan, dengan diadakannya lomba ini lewat media sosial (Instagram) peserta yang mengunggah karyanya dapat menyebarkan serta mengedukasi para penonton untuk dapat terus mengikuti protokol kesehatan demi memutus penyebaran virus.

Roso Daras, Pemimpin Redaksi Jayakarta News. (ist)

“Kita tidak boleh berhenti menyerukan perubahan perilaku, apa pun dan bagaimana pun caranya. Menurut survei, lebih 80 persen rakyat Indonesia sudah tahu apa itu 3M. Yang menjadi persoalan adalah pelaksanaannya. Sebagai unsur media, Jayakarta News harus ambil bagian dalam gerakan perubahan perilaku di masyarakat. Lomba video pendek ini adalah salah satunya, di samping melalui pemuatan berita yang intensif,” papar Roso.

Lomba yang dimulai sejak 12 September dan berakhir tanggal 27 September 2020 cukup mendapatkan antusiasme para kreator video di Instagram. Total jumlah peserta yang mengirimkan karya sebanyak 23 orang dari berbagai daerah di Indonesia, dari 32 pendaftar.

Setelah melalui proses penjurian, terpilihlah 8 pemenang yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai, merchandise, & e-sertifikat. Tiga peserta sebagai juara 1,2,dan 3 serta 5 orang lainnya sebagai juara favorit.

Kedelapan pemenang lomba video singkat tersebut ialah Sapto Siwi Nugroho (Banyumas) sebagai juara 1, Dimas Satrio Putro (Yogyakarta) juara 2, Tasya (Wonosobo) juara 3. Adapun 5 juara favorit adalah; Rizky Bagus Sentosa (Medan), Tri Ariyanto (Tangerang), Fauzan Atthabrani (Bekasi), Rosa Widya Safitri (Jember), dan Fitra Alim Znow (Bulukumba). 

Sebanyak 23 video kreatif, inovatif, serta sarat dengan pesan untuk mengikuti protokol kesehatan telah diterima Tim Jayakarta News dan Ruang Hidup. Penilaian pemenang lomba video pendek dipilih atas nilai estetika, kesesuaian tema, serta pesan yang disampaikan.

Lima orang juri terdiri atas perawakilan Jayakarta News, Komunitas Ruang Hidup, dan praktisi kreator konten. Mereka adalah Vera Rosdiani, Maya Fitriana Anisa, Ropingah, Desy Oktav, dan Iswati. Iswati adalah redaktur senior Jayakarta News peraih anugerah jurnalistik Adinegoro 2018 kategori media siber.

Video hasil karya pemenang lomba selanjutnya akan diunggah di kanal YouTube Jayakarta News Channel sebagai cara untuk menyebarkan pesan terkait isu protokol kesahatan di era Covid-19. Selain itu, penyelenggara acara juga berharap ajang ini dapat menjadi wadah bagi para kreator video untuk mengeksplorasi kreativitasnya.

“Bagi para pemenang, saya ucapkan selamat. Bagi yang belum menang, jadikan kegagalan sebagai kemenangan yang tertunda. Tunggu, tema lomba video pendek Jayakarta News berikutnya,” ujar Roso Daras. (ver)

Video Juara I Lomba Video Pendek “Ingat Pesan Ibu”

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *