Ups…, Mengapa Headphone Beats Meledak?

 Ups…, Mengapa Headphone Beats Meledak?

MASALAH keamanan konsumen saat menggunakan produk  Apple, perusahaan yang didirikan Stave Jobs itu sangat memperhatikan. Boleh jadi jawaban Apple berkaitan dengan keluhan  seorang konsumen wanita yang ditimpa sial, karena  smartphonenya meledak dan melukainya,  sangat mengecewakan.

Kecelakaan akibat telepon seluler meledak atau terbakar, sejatinya bukan kali pertama di alamani pengguna telepon seluler di jagat ini. Produk Samsung, misalnya pernah meledak dan terbakar hingga melukai penggunanya. Kecelakaan konsumen saat  menggunakan  produk teknologi terkini itu, juga menimpa seorang pengguna headphone Beats. Kasusnya terjadi  saat perempuan yang dirahasiakan identitasnya tersebut menumpang pesawat dari  Beijing – China ke Melbourne – Australia. Akibat insiden tersebut, telinga dan sebagian wajahnya terluka.

Wanita yang terkena ledakan headphone saat mendengarkan musik. [Photo: Australian Transport Safety Bureau]
Untuk menghilangkan kejenuhan dalam penerbangan yang jukup panjang, ia pun menyetel musik di HP dan mendengarkannya dengan headphone. Rasa lelah pun membuatnya kantuk dantertidur. Tiba-tiba terdengar  ledakan dari arah wanita tadi. Rupanya, suara itu bersumber dari  headphone  wanita tersebut,  yang meledak dan terbakar. Secara reflek pun wanita membuang headphonenya yang terbakar. Pramugari lantas memadamkan api dengan menyiram air.

Menurut saksi mata, ledakannya cukup keras. Wanita yang malang tersebut mengalami luka di telinga dan sebagian wajahnya.  Australian Transport Safety Bureau melukiskan, wanita tersebut sangat shock  atas kejadian  itu.

“Ketika saya tiduran  (kemudian tertidur) sambil mendengarkan musik dengan headphone,  tiba-tida  wajah  saya merasa terbakar,” kata  wanita  itu tersebut  seperti dikutip media lokal di Australia. Setelah kejadian itu, wanita tersebut menurut Australian Associated Press (AAP), menyampaikan ihwal insiden itu kepada perwakilan Apple seraya meminta pertanggungjawaban.

Aduan itu disampaikan ke Apple, karena perusahaan yang didirikan oleh Stave Jobs tersebut menjadi pemilik saham Beats Electronics, setelah mengakuisisinya pada Mei 2014  senilai USD$  3 miliar  (kira-kira Rp 34,8 triliun). Beats Electronics terkenal diantaranya dengan produk headphone Beats, yang menyasar pasar kelas atas. Wajarlah, atas insiden  headphone Beats yang meledak itu, penggunanya  mengajukan keluhan ke Apple.

Tapi apa kata Apple? Menurut sumber-sumber, headphone yang dipakai wanita tersebut menggunakan baterai  AAA. Konon, Apple hingga kini masih melakukan penyelidikan menyeluruh terkait dengan insiden tersebut. Pihak Apple pun tengah melakukan  kordinasi dengan pengacara wanita tersebut.

Hanya saja, kesannya Apple menyalahkan penggunaan baterai pihak ketiga, yang menuding menjadi penyebab insiden itu. Apple memang tidak memproduksi sendiri headphone Beats yang didukung oleh baterai AAA. Dengan demikian, jika headphone Beats yang dimaksud memang dibuat oleh Beats,  maka  ada kemungkinan headphone  itu merupakan generasi lawas. Sejauh ini Apple secara resmi belum bersedia untuk menanggapi permintaan media untuk  berkomentar terkait  peristiwa  tersebut.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *