Connect with us

Kabar

Tragis, Terpapar Covid 19 Kulitnya Jadi Coklat Tua

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kasus unik yang mengejutkan dunia. Dua dokter di Cina yang selama kasus virus corona atau covid 19 merebak di sana turut berjuang digaris terdepan dalam menyelamatkan hidup para pasien covis 19, akhirnya terpapar virus tersebut. Yang menarik, saat menjalani perawatan kulit kedua dokter tersebut berubah drastis dari putih menjadi coklat tua.

Mengutip dari odditycentral.com, media China baru-baru ini melaporkan kasus dua dokter yang terinfeksi virus corona dan saat dalam perawatan kedua pasien itu mengalami perubahan drastis dalam pigmentasi kulit, dari putih menjadi coklat tua.

Dr Yi Fan dan Dr Hu Weifeng, keduanya berusia 42 tahun, terinfeksi  coronavirus pada bulan Januari, saat merawat pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan. Mereka adalah rekan-rekan Dr Li Wenliang, dokter yang pertama kali memperingatkan tentang  virus baru yang berbahaya dan pada awalnya ditegur oleh Pemerintah Cina.

Dr Yi Fan –foto Beijing Satellite TV/YouTube

Kedua dokter itu—Yi Fan dan Hu Weifeng—  menghabiskan lebih dari sebulan untuk berjuang meraih hidupnya dan baru sadar kembali di bulan ini dan menyadari bahwa penampilan mereka telah berubah drastis.

Dalam laporan video oleh TV Satelit Beijing, pemirsa terkejut melihat foto keduanya yang ditampilkan pada saat ‘sebelum’ dan ‘sesudah’. Mereka berdua berubah dari warna kulit yang sangat terang menjadi cokelat yang sangat gelap.

Menurut teman-teman dokter mereka hal itu disebabkan oleh obat yang digunakan pada masa-masa awal perawatan mereka. Ternyata salah satu efek samping dari obat yang tidak disebutkan adalah perubahan warna kulit.

Dr Yi, seorang ahli jantung Wuhan, berhasil selamat dari covid 19 setelah dia memakai mesin pendukung kehidupan yang disebut ECMO selama 39 hari. Sistem canggih ini menggantikan fungsi jantung dan paru-paru dengan memompa oksigen ke dalam darah.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia pulih dengan baik, tetapi masih tidak bisa berdiri dan berjalan sendiri. Dia juga menyebutkan trauma mental yang disebabkan oleh penyakit itu, dan sering mengalami mimpi buruk.

Dr Yi Fan dan Dr Hu Weifeng, keduanya berusia 42 tahun, terinfeksi coronavirus pada bulan Januari baru sadar bulan ini dan mendapati kulitnya berubah menjadi coklat tua. Diduga, perubahan itu karena efek dari obat–foto Beijing Satellite TV/YouTube

Kondisi Dr Hu jauh lebih serius daripada kondisi rekannya. Pada saat video direkam, dia belum dapat berbicara. Namun dia menekan lengan dokter yang merawatnya dengan penuh rasa terima kasih.

Seorang ahli urologi, Hu telah diikat di tempat tidur selama 99 hari pada saat itu, dan dokter mengatakan mereka khawatir tentang kondisi mentalnya.

Dr Li Shusheng, yang telah memantau pemulihan Hu, mengatakan kepada Beijing Satellite TV bahwa perubahan mengejutkan pada warna kulit kedua dokter itu sangat mungkin bersifat sementara dan akan kembali normal segera setelah fungsi hati mereka membaik. Keduanya juga diberikan dukungan kesehatan mental untuk membantu mereka mengatasi pengalaman traumatis yang mereka alami.***ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *