Connect with us

Kabar

Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kerap kali kita mengalami masalah kaca berembun ketika berkendaraan saat hujan. Hal ini tentu menjengkelkan juga mengkhawatirkan.

“Berkendara saat hujan sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, apalagi ketika embun muncul pada kaca mobil yang dapat menganggu visibilitas serta jarak pandang berkendara,” demikian dikutip dari AstraWorld.

Berikut ini beberapa uraian AstraWorld tentang kaca mobil berembun. Embun yang muncul pada kaca mobil disebabkan karena perbedaan suhu antara kabin mobil dengan di luar kabin. Suhu di dalam kabin lebih panas dibandingkan dengan suhu di luar yang lebih dingin. Hal inilah yang menimbulkan uap air di kaca bagian dalam kabin.

Menurut pendapat beberapa pakar otomotif, cara menghilangkan embun adalah dengan menyalakan AC (Air Conditioner) mobil. Seiring suhu kabin yang semakin sejuk, embun di kaca akan cenderung menghilang.

Namun perlu diingat, penggunaan AC saat musim hujan juga bisa menyebabkan kaca berembun jika mengatur suhu temperaturnya terlalu dingin.

Untuk itu disarankan agar menyetel temperatur secukupnya. Selain itu adalah dengan mengaktifkan fitur recirculation (jika ada). Fitur ini biasanya ada di konsol AC dengan gambar tanda panah dari luar masuk kabin mobil.

Mengaktifkan fitur ini artinya udara hembusan AC berasal dari luar kabin. Sedangkan jika tidak diaktifkan, udara yang dihembuskan AC berasal dari kabin namun sudah melewati proses pendinginan.

Cara yang kedua yaitu dengan mengoleskan sedikit shampoo rambut pada kaca mobil bagian dalam, namun shampoo tidak boleh dicampur dengan air. Setelah itu, lap kaca yang telah diolesi shampoo tersebut dengan kain microfiber yang sedikit lembab.

Agar kaca tidak menjadi buram, cara mengelapnya adalah dengan mengusap kain microfiber secara satu arah.***ont/AW

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *