Tinjau Stadion GBK Senayan, Kapolri: Piala AFF Dapat Dihadiri 70% Kapasitas Penonton

 Tinjau Stadion GBK Senayan, Kapolri: Piala AFF Dapat Dihadiri 70% Kapasitas Penonton

Kapolri Listyo Sigit dan Menpora Amali meninjau Stadion GBK dalam rangka persiapan gelaran Piala AFF 2022/foto: polri.go.id

JAYAKARTA NEWS— Kapolri Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meninjau Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/22). GBK merupakan salah satu dari 12 venue gelaran Piala AFF 2022 yang akan berlangsung dari 20 Desember 2022 – 16 Januari 2023. Kapolri menyatakan, telah dikeluarkan izin untuk kegiatan Piala AFF dapat dihadiri 70 persen kapasitas penonton.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolri bersama Menpora RI turut didampingi oleh Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran. Tinjauan dimulai dari tribun VVIP lalu menuju ke tribun penonton dan lapangan, hingga area luar GBK.

“Baru saja bersama dengan Menpora dan seluruh PJU yang terlibat dalam persiapan pengamanan piala AFF melaksanakan Inspeksi secara langsung dan ini juga sesuai dengan arahan Presiden dalam rangka menciptakan iklim yang lebih baik dan sesuai standar,” jelas Kapolri.

Pertandingan kandang Tim Nasional Indonesia pada Jumat (23/12/22) nantinya diizinkan bagi penonton dengan ketentuan berlaku.Kapolri mengungkapkan, telah dikeluarkan izin untuk kegiatan Piala AFF dapat dihadiri 70% kapasitas penonton.

“Ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden dalam rangka memenuhi izin standar penyelenggaraan sepak bola dengan baik, baik dari sistem penyelenggaraan, keamanan dan keselamatan pemain dan penonton,” ungkap Kapolri.

Dalam laman PSSI dijelaskan, terkait pertandingan dalam rangka uji coba dan persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023, pelaksanaan Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022 antara Indonesia dan Kamboja dapat dihadiri penonton dengan jumlah terbatas.

Begitu pun pada laga Piala AFF 2022 berikutnya, antara Indonesia dengan Thailand yang berlangsung 29 Desember 2022, juga dapat dihadiri penonton dalam jumlah terbatas. Adapun pertandingan rencananya dilangsungkan di Stadion Utama (SU) Gelora Bung Karno (GBK).

Dalam peninjauan Kapolri dan Menpora tersebut, dilakukan pengecekan pada sejumlah bagian yakni, pintu masuk penonton, pemain, penyiapan sistem penyelenggaraan kesehatan bagi penonton dan pemain, kemudian ruang command center, termasuk kondisi CCTV. “Ada 220 CCTV ini semua menjadi bagian yang dicek,” jelas Kapolri.

Dalam kesempatannya, Menpora RI mengungkapkan, sebelum pelaksanaan Piala AFF, sudah dilakukan segala persiapan dengan memperhitungkan berbagai hal, sesuai dengan peraturan Polri.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan dipastikan dahulu apakah sudah siap dan layak dan memperhitungkan berbagai hal. Berbagai kegiatan olahraga selalu menjadi tempat masyarakat untuk melihat bagaimana atlet-atlet nasional menjadi tontonan yang menarik namun itupun tergantung dari pihak kepolisian,” ungkap Menpora RI.

Di Piala AFF 2022, Indonesia masuk dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei. Indonesia bakal melawan Kamboja pada laga perdananya di Grup A Piala AFF 2022 pada 23 Desember. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang menghadapi Brunei Darussalam, kemudian menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. Terakhir, Indonesia akan melawan Filipina di markasnya pada 2 Januari 2023.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.