Tim Survei Covid-19 Polda Jatim Bergerak

 Tim Survei Covid-19 Polda Jatim Bergerak

Koordinasi pelaksanaan survei di Polrestabes Surabaya. (foto: polrestabes surabaya)

Jayakarta News – Tim survei Covid-19 Polda Jawa Timur, sudah bergerak. Mereka menggelar koordinasi serta menyebar kuisioner di empat wilayah Polres Surabaya Raya.

Empat wilayah yang dijadikan sasaran survei adalah Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polresta Sidoarjo, dan Polres Gresik. Wilayah yang sering disebut Surabaya Raya itu masih rawan, alias berstatus “merah”.

Berdasarkan data yang diambil dari website infocovid19.jatimprov.go.id, hingga saat ini hampir sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur sudah berwarna kuning. Akan tetapi, Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto) masih berada di zona merah.

Aktivitas pembagian kuesioner di wilayah Gresik. (foto: Polres Gresik)

Ketidakpatuhan sebagian masyarakat terhadap protokol kesehatan, ditengarai menjadi sumber tingginya angka korban Covid-19 di Surabaya Raya, serta daerah-daerah lain di Jawa Timur. Untuk memetakan kondisi di daerahnya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran punya pemikiran strategis merancang riset ilmiah terkait strategi penanganan pandemi.

Melalui riset itulah, Kapolda lulusan Akpol 1991 itu bisa mengambil prakarsa terukur, dalam mengambil kebijakan. Seperti diketahui, Kapolda Jatim adalah satu di antara sekian jenderal polisi yang cemerlang lagi cerdas. Ia seorang doktor. Jika ditulis lengkap, namanya menjadi Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si.

Polda Jatim melakukan survei opini publik tentang penanganan kasus pandemi Covid-19 di Surabaya Raya. Tim riset Polda Jawa Timur sudah bekerja mulai bulan Juli ini. Tim riset diketuai Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, PhD (LIPI/Universitas Bhayangkara Jakarta). Selain Prof “Kikiek”, panggilan akrab Hermawan Sulityo, juga bercokol sejumlah pakar lain. Di antaranya, Dr. dr. Windu Purnomo, MS (FKM Universitas Airlangga), Nuzul Achyar, MA, PhD (FE Universitas Indonesia), dan dr Ayodya Heristyorini, MSc (FMS), MSc (BAFA) (UPN Veteran Jakarta).

Koordinasi Tim Survei Polresta Sidoarjo. (foto: Polresta Sidoarjo)

Tim asistensi survei terdiri atas unsur Polda Jatim dibantu beberala elemen lain. Di antaranya, Polresta Surabaya, Polres Sidoarjo, Polres Gresik, Polres KP3 Tanjung Perak. Di luar institusi Polri, juga melibatkan Concern Strategic Think Tank, Pusat Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas) Universitas Bhayangkara, Jakarta dan Komunitas Redam (Republik Damai) Jatim.

“Mohon izin melaporkan. Pada hari Senin tanggal 20 Juli 2020, Tim Penelitian Covid-19 melakukan koordinasi dengan Kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo di ruang rapat Polresta Sidoarjo terkait teknis wawancara responden di wilayah masing-masing Polsek. Sebagaimana ketentuan dan jumlah responden. Kegiatan berjalan lancar dan tertib. Selanjutnya melaksanakan wawancara di lapangan, untuk perkembangan kami laporkan kembali,” demikian bunyi laporan tim survei dari Polres Sidoarjo.

Koordinasi tim survei Polres Pelabuhan Tanjung Perak. (foto: Polres Tanjung Perak)

Laporan senada masuk dari Tanjung Perak, “Selamat siang, mohon izin komandan, tim penelitian Polres Pelabuhan Tanjung Perak memberikan arahan kepada perwakilan polsek jajaran untuk membantu pembagian kuisioner dan kuisioner pendalaman diteliti oleh tim peneliti.”

Demikian pula dari Polrestabes Surabaya. “Selamat siang komandan, izin melaporkan, tim peneliti Polrestabes Surabaya memberikan pengarahan kepada perwakilan jajaran polsek untuk membantu penyebaran kuesioner penelitian. Dan untuk pelaksanaan wawancara mendalam akan dilaksanakan secara langsung oleh tim peneliti.”

Ketua Tim Riset Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, PhD menuturkan, pihaknya bekerja spartan untuk riset ini. Harapannya, dalam waktu singkat, tim riset sudah bisa merumuskan penelitian, untuk dijadikan acuan kebijakan. “Setidaknya kami akan memberikan rekomendasi kebijakan. Semoga ini bisa mempercepat penanganan Covid-19, khususnya di wilayah Jawa Timur, lebih khusus lagi di Surabaya Raya,” ujar Kikiek, panggilan akrabnya. (rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *