Connect with us

Kabar

Tiga Desa Wisata Sumut Raih Penghargaan ADWI 2022

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Tiga Desa Wisata di Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih penghargaan di ajang malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai daftar desa terbaik.

Tiga desa itu yakni Desa Wisata Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan meraih lima besar kategori Homestay, Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit Kabupaten Simalungun meraih lima besar kategori Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau disebut CHSE dan Desa Wisata Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai memboyong dua penghargaan sekaligus yaitu sebagai Desa Wisata Terfavorit dengan jumlah 140.000 like terbanyak dan kategori Desa Wisata Digital dan Kreatif.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi (Disbudpar) Sumatera Utara, Zumri Sulthony di Jakarta, Minggu malam (30/10/2022) mengatakan keberhasilan ketiga desa wisata di Sumut ini bisa menjadi contoh dan motivasi, agar dapat juga mengembangkan potensi desa lainnya di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Yang mana dampak positifnya nanti dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraaan masyarakat sekitar.

“Penghargaan yang diraih ini kami harap dapat memotivasi desa wisata lainnya di Sumatera Utara agar dapat memanfaatkan potensi-potensi yang ada, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya,” ujar Kadisbudpar Sumut.

Zumri juga menambahkan agar prestasi seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan dipertahankan. “Kita berharap semoga capaian prestasi atas ketiga desa wisata ini dapat ditingkatkan di masa yang akan datang untuk kepariwisataan keberlanjutan,” tegasnya.

Malam penanugerahan ADWI 2022 yang digelar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Minggu malam (30/10/2022) yang dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tersebut merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan desa wisata dalam mengembangkan Desa Wisata  berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

Ada 7 kategori penilaian, yakni daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju.

Rangkaian Malam Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dimulai dari Minggu pagi, 30 Oktober 2022. Kegiatan diawali dengan lari bersama para perwakilan 50 desa wisata yang diundang ke Jakarta, mulai dari para kepala daerah (Gubernur, Bupati/Wali Kota), perwakilan dinas pariwisata dari 34 provinsi serta komunitas lari di Jakarta.

Ada juga pameran produk ekonomi kreatif dari 50 Desa Wisata ADWI di halaman depan Gedung Sapta Pesona dan malamnya dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan ADWI. (*/Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *