The News Star Taiji Putri Itu Ingin Lengkapi Emasnya

 The News Star Taiji Putri Itu Ingin Lengkapi Emasnya

Mellynar Alisah, atlet Wushu Indonesia yang tengah bersinar di SEA Games Vietnam/foto: NOC Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Nama Mellynar Alisah yang disebut-sebut calon pengganti Ratu Wushu Dunia, Lindswell Kwok untuk kebolehan di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Gadis asal Surabaya, Jawa Timur, 20 Oktober 2001 sukses meraih medali emas nomor Taiji Quan. Padahal, Alis, panggilan akrabnya baru pertama kali tampil pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Tampil di arena wushu Cau Giay Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022), Alis sukses mengibarkan Merah Putih dengan meraih poin tertinggi 9,71 mengalahkan Agatha Chrystenzen Wong Fernandez (Filipina) dan Sy Xuan Sydney Chin (Malaysia).

“Saya tidak menduga bisa meraih medali emas karena saya baru pertama kali tampil dan lawan yang dihadapi terutama dari Malaysia, Singapura dan tuan rumah Vietnam cukup berat. Tadinya, sih sempat nerveous karena baru pertama kali tampil di SEA Games. Eh, ternyata saya bisa bermain lepas dengan membawakan jurus-jurus lebih baik,” kata peraih dua medali emas pada Kejuaraan Dunia Taiji di Bulgaria 2018 ini.

Meski kepercayaan Alis semakin menebal tatkala mampu mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Namun, Alis mengaku tetap akan memperhitungkan lawan-lawannya saat tampil di nomor Taiji Jian (Golok) yang akan dimainkan Minggu (15/5/2022).

“Saya harus tampil lebih tenang dan fokus saat tampil nanti. Kalau bisa lebih lepas dan enjoy seperti yang diistruksikan pelatih karena, lawan dari Malaysia, Singapura dan Vietnam juga cukup bagus. Dan, saya akan berusaha memberikan penampilan lebih baik lagi unruk kembali meraih medali emas,” katanya.
“Peluang Alisyah meraih medali emas nomor Taiji Jian cukup terbuka. Asalkan dia tampil tenang dan fokus seperti saat meraih emas di nomor Taiji Quan,” kata pelatih Timnas Wushu Indonesia khusus Taolu, Susyana.

Putri pasangan Sunarto, Yusmelly ini awalnya hanya ikut-ikutan berlatih wushu. Ia tak menyangka di wushu ia memiliki keluarga baru dan belajar banyak hal. “Saya awal ikut wushu di umur 11 tahun di tahun 2012 lalu waktu kelas 4 atau 5 SD. Syukur orang tua dan keluarga mendukung meski mereka bukan dari atlet,” tambah mahasiswa Unair, semester VI ini.

Biodata:
Nama : Alisya Mellynar
Panggilan : Alis
Tempat lahir : Surabaya, Jawa Timur
Tanggal lahir: 25 Oktober 2001
Umur : 20 Tahun
Status : Mahasiswa Unair, Semester VI
Tinggi Badan : 161 cm
Berat Badan : 55 kg

Prestasi :

  • 1 Emas Taiji Quan SEA Games 2021 Vietnam
  • 1 Medali Emas PON 2022 Papua
  • 2 Medali Emas (Kejuaraan Dunia Wushu Taichi Bulgaria (2018)***azh

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.