Ternyata, Pria Lebih Pelupa daripada Perempuan

 Ternyata, Pria Lebih Pelupa daripada Perempuan
Ilustrasi–foto istimewa

Jika suami Anda pelupa, lupa ulang tahun pernikahan atau nama tetangga baru Anda, dll, jangan khawatir. Anda bukan satu-satunya yang memiliki suami seorang pelupa. Sebuah penelitan mengejutkan datang dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU) di Trondheim, menyebutkan, laki-laki lebih pelupa daripada perempuan. Mereka berumur antara 30-60 tahun. Hasil penelitian ini dipublikasikan di BMC Psychology.

Penelitian ini seperti memperkuat hasil penelitian Mayo Clinic’s Alzheimer’s Disease Research Center di Rochester, Minn, pada 2010 lalu,  yang menyebut,  mild cognitive impairment (MCI), yang biasanya muncul sebagai gejala kehilangan memori secara ringan, satu setengah kali lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Studi yang diterbitkan di jurnal Neurology ini diikuti oleh 2.050 orang usia 70-89 tahun di Olmstead County, Minnesota. Sebanyak 14 persen responden perempuan ternyata mengalami MCI, sedangkan jumlah pria mencapai 20 persen.

Holmen dan tim peneliti lainnya mengajukan sembilan pertanyaan terkait seberapa baik ingatan orang. Studi  kesehatan yang disebut HUNT3 ini, dilakukan terhadap 48.000 orang. Para peserta  ditanya apakah memiliki masalah dengan ingatannya, apakah kerap lupa nama dan tanggal, apakah mereka bisa mengingat  apa yang dilakukannya setahun lalu, apakah mampu mengingat secara detail sebuah percakapan. 

Dari berbagai pertanyaan yang diajukan terkait ingatan, didapat hasil, ternyata laku-laki lebih bermasalah pada ingatannya alias pelupa dibanding wanita.  Wanita, kata Holmen, juga memiliki masalah dalam hal ingatan, hanya saja dalam tingkat yang lebih rendah.  Mengingat nama dan tanggal, juga paling sulit dilakukan wanita.

Dari penelitian itu juga terungkap, pendidikan juga berpengaruh pada memori  seseorang. Mereka yang berpendidikan tingkat pelupannya lebih rendah dibanding mereka yang kurang pendidikan. Orang yang kerap dilanda cemas dan depresi, juga memiliki tingkat lupa lebih tinggi dibanding orang lain.  Untuk hal ini, baik pria maupun wanita berada dalam tingkat yang sama.***ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *