Terjemur Demi Carabiniere

 Terjemur Demi Carabiniere

ENTAH untuk tujuan melihat kapal perang, helikopter atau sekadar ingin berfoto bersama awak kapal, kedatangan kapal Fregat Carabiniere ini sempat menarik ratusan warga Jakarta dan sekitar, ke Tanjung Priok, JICT2 Jakarta.

Jika melihat antrean panjang untuk mendapatkan karcis band favorit itu biasa, kali ini antrean yang terjadi pada hari Minggu lalu memang beda. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa dan orang tua berbaris rapi. Meski matahari cukup menyengat antrean bak “ular melingkar” bertahan berjam-jam. Sampai akhirnya mendapat giliran menaiki tangga kapal perang Carabiniere dari Italia.

Adalah Fregat Carabiniere, kapal Angkatan Laut Italia bersandar di Tanjung Priok selama 5 hari. Fregat dengan nomor lambung F 593 mulai meninggalkan pangkalannya di La Spezia, Italia Desember tahun lalu. Setelah  melintasi Terusan Suez, kapal ini singgah di Arab Saudi kemudian melintasi Samudra Hindia menuju Australia sebelum ke Indonesia. Dari Jakarta mereka singgah ke Malaysia, Singapura, Pakistan dan Sri Lanka sebelum kembali ke Italia

Penulis bersama penerbang helikopter kapal perang Italia.

Sebagai kapal dengan kemampuan anti kapal selam dengan panjang total 114 meter dan lebar 19,4 meter ini dapat menjalankan misi kapal tempur, anti rudal dan memiliki kemampuan perang terbuka dan dapat membawa dua helikopter. Kelebihan lainnya dapat menjalankan misi kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan dilibatkan dalam menyelamatkan penggungsi.

Tentu saja tujuan utama hadirnya kapal AL Italia ke Indonesia dan negara lainnya untuk menjalin kerjasama dengan jajaran Angkatan Laut di dunia, selain tentunya mendukung perwakilan Diplomatik Italia yang ada di negara tersebut di atas.

Mereka pun ingin menunjukkan bahwa kapal Carabiniere ini produk teknologi terkini Italia lewat program Frigate Europea Multi Missione (FREMM) yang dikembangkan dari Perancis dan Italia. Di samping tentunya negara ini sudah terkenal dalam beberapa hal seperti budaya, makanan, fashion dan tentu saja tim sepak bolanya.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *