Tari Sintren di Bandara Boryspil Kiev

 Tari Sintren di Bandara Boryspil Kiev
Tari Sintren dibawakan di Bandara Boryspill Kiev, Ukraina.

ALUNAN lagu Indonesia dibawakan gadis-gadis cantik Ukraina. Mereka juga mengenakan busana berbagai adat Nusantara. Hari itu, mereka berjalan menyeruak di antara pengunjung bandara Boryspil Kiev, membagi-bagikan makanan khas Indonesia.

Di salah satu area terbuka, dua orang penari membawakan tarian Indonesia. Ada tari Sintren dari Jawa Tengah dan Tari Legong dari Bali. Seorang pria mengenakan pakaian ala Rangda dalam Tari Barong. Tak pelak, atraksi itu menyedot perhatian pengunjung yang ada di bandara Boryspil.

Gadis Kiev mengenakan busana tradisional, membagi-bagikan makanan khas Indonesia.

Itulah salah satu terobosan Dubes Indonesia di Ukraina, Yuddy Chrisnandi mempromosikan Indonesia, khususnya event Asian Games 2018 dan Bali. Peristiwa yang terjadi Jumat (27/4) pagi di Bandara Boryspil Kiev, Ukraina itu digagas Dubes Yuddy dan staf KBRI lainnya.

Hari itu juga bisa dicatat sebagai hari penting mulainya kerjasama KBRI Kiev dengan Qatas Airways sebagai mutual partner dengan tema “Let’s succeed 18tg Asian Games Jakarta Palembang 2018”. Dalam kesempatan itu, Dubes bersama staf kedutaan mempromosikan Asian Games yang akan berlangsgung Agustus mendatang, sekaligus Bali sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Yevgenii Dudnyk selaku Service Manager Qatas Airways sekaligus juga mempromosikan rute baru penerbangan dengan kode QA, yaitu Kiev-Doha, dan Doha – Denpasar kepada para pelancong di bandara Boryspil.

Event tadi makin terasa Indonesia, manakala gadis-gadis Kiev berbusana adat Nusantara berkeliling bandara membagikan makanan khas, seperti keripik tengiri, kue pandan, dan kue risol. Para gadis itu sehari-hari adalah mahasiswa Universitas Tarash Shenvchenko. Mereka sangat senang dapat membantu acara KBRI sambil mengenakan busana daerah. Ada yang berbusana Jawa Tengah, Sumatera Utara, Palembang, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Barat, dll.

Sementara, iringan gamelan mengiringi tarian sintren kemudian tari legong, sontak menyedot perhatian pengunjung di bandara Boryspill. Mereka yang masih memiliki waktu sebelum boarding, menyempatkan diri berkerumpun menyaksikan tari-tarian Indonesia. Tak pelak, suasana pun mirip sebuah repertoar di tengah bandara.

“Kegiatan ini terselenggara berkat ide-ide tim KBRI Kiev yang solid. Awal Januari lalu saat rapat home staff tercetuslah ide membuat acara ini. Saya mengira bakal efektif untuk promosi wisata kita,” ujar Dubes Yuddy didampingi Egy Massadiah penggiat teater dan budaya yang khusus berangkat dari Jakarta berkunjung ke Kiev.

Ditambahkan, bekerjasama dengan QatarAirways secara longtime sekaligus memungkinkan memasang banner wisata Indonesia di bandara, mengadakan acara seni dan bagi-bagi makanan Indonesia. “Jika dilakukan secara periodik saya kira akan menambah antusiasme warga Ukraina untuk berlibur ke Indonesia. Kami juga fokus menyambut arahan presiden untuk mempromosikan Asian Games walaupun Ukraina bukan negara Asia tetapi acara tersebut bisa kita konversi sebagai salah satu pilihan berwisata ke Indonesia pada Agustus-September nanti. Kebetulan bertepatan liburam musim panas negara ini,” papar Duta Besar Yuddy saat menyambut kedatangan penumpang yang akan menuju Bali.

Qatar Airways menyambut baik dengan menawarkan dua alternatif penerbangan yaitu Kiev-Doha-Denpasar atau Kiev-Doha-Jakarta.

Salah seorang pengunjung mengaku surprise saat check in, dibantu langsung oleh Duta Besar Indonesia. “Saya tidak mengira dia seorang duta besar. Saya baru sadar setelah check in, dan dia memperkenalkan diri lalu mengucapkan selamat berlibur kepada kami,” ujar seorang turis.

Pengunjung lain menimpali, “Duta Besar juga menceritakan tentang event Asian Games Agustus yang bertepatan musim panas. Kemungkinan saya akan mengajak keluarga berlibur ke Palembang Agustus nanti. Akan lebih bagus kalau Qatar Airways memberikan paket diskon,” ujarnya sambil tertawa.

Kepada keluarga yang hendak berlibur ke Indonesia, Dubes Yuddy Chsisnandi membantu check ini, dan mengucapkan selamat berlibur.

Acara selesai pukul 13.20 saat pesawat Qatar Airways QR 0296 take off menuju Doha. Gegap gempita di bandara Boryspil adalah upaya menyedot wisatawan Ukraina untuk berbondong-bondong ke indonesia. Ditutup dengan tarian Legong dari Bali, gate Qatar Airways pun ditutup. ***

Dubes Yuddy dan staf KBRI Ukraina melakukan promo kegiatan Asian Games dan Promo Wisata Bali di Bandara Boryspil, Kiev.
Dubes Yuddy berfoto bersama para mahasiswa Kiev yang berpartisipasi dalam acara promo Asian Games dan Bali di Kiev.
Penulis (Egy Massadiah) bersama gadis-gadis Kiev berbusana Nusantara.
Dubes Yuddy membantu mengambilkan foto pengunjung yang ingin foto bareng gadis-gadis Kiev dalam balutan busana adat Nusantara.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *