Taman Makan Durian, Kalibata

 Taman Makan Durian, Kalibata

BOLEH saja Anda bangga dengan durian petruk, durian medan, durian montong, dan durian-durian khas berbagai daerah dan negara lain. Tapi, dijamin tidak ada yang bisa mengalahkan “durian Kalibata”, Jakarta Selatan. Daerah yang dikenal dengan Taman Makam Pahlawan ini, sesungguhnya menyediakan semua varian durian.

Tidak saja semua varian durian, tetapi juga “ada durian sepanjang masa”. Jika Anda penggila durian tentu paham, bahwa kapan pun Anda ingin menyantap durian, pergilah ke Kalibata. Di musim mangga, di sini ada durian. Ketika musim rambutan, di sini ada durian. Ketika musim duku, di sini ada durian.

Karena keistimewan itu pula, yang membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan Kalibata menjadi pusat penjualan durian di Jakarta. Untuk sementara, Pusat Penjualan Durian berada di Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Lokasi yang diisi 30 pedagang kaki lima (PKL) tersebut akan menjadi pusat penjualan durian terbesar di Ibukota.

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan, dengan dibukanya lokasi ini, para PKL durian yang semula berdagang di bahu jalan kini sudah tertata rapi. “Saya pesan jaga kebersihan. Kualitas durian juga harus dijaga. Jangan sampai dicampur zat kimia. Ini akan dijadikan salah satu destinasi wisata,” katanya di lokasi.

Dijadikannya Kalibata sebagai pusat penjualan durian ini tentu saja mendapat sambutan baik dari pedagang durian. Betapa tidak, pedagang durian yang berjualan di loksem ini hanya dibebankan biaya retribusi Rp 3.000 per hari dengan sistem autodebet Bank DKI. “Lokasi ini dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR).” jelas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Irwandi.

Di lokasi, para pedagang durian disiapkan tempat berjualan dengan model tenda berikut dilengkapi kursi dan meja untuk pengunjung. Tak hanya itu, di sana juga disediakan tempat cuci tangan beserta toilet umum dan gazebo untuk panggung hiburan musik. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • harganya cantumkan sekalian dong gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *