Solusi Mobil Matik Mogok

 Solusi Mobil Matik Mogok

Mobil matik ini dalam keadaan mogok. (foto: supriyadi)

Jayakarta News – Setiap tahun produksi mobil semakin meningkat. Berbagai jenis, type dan merek diproduksi untuk merebut hati konsumen. Namun meningkatnya produksi berbanding terbalik dengan perkembangan kapasitas jalan.

Daya tampung jalan menjadi tidak berimbang. Ujungnya menyumbang tingginya tingkat kemacetan. Faktor macet membuat sebagian orang memilih mobil matik ketimbang manual. Mobil matik sangat mudah pengoprasiannya dibandingkan yang memakai pedal kopling.

Tetapi mobil matik lebih sulit jika sudah mengalami trouble (masalah). Perlu perhatian ekstra. Mungkin Anda salah seorang yang pernah mengalami hal seperti mogok di jalan. Dan jika hal ini terjadi maka jangan panik, sebab kepanikan membuat tidak bisa berpikir jernih. Hadapi dengan santai dan tenang.

Nyalakan lampu Harzard (lampu bahaya), agar penguna jalan yang lain mengetahui bahwa mobil Anda sedang mengalami trouble, atau mogok. Setelah itu, minta bantuan orang sekitar untuk mendorong kendaran ke tempat yang aman dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘N’ (netral).

Setelah posisinya benar-benar aman, buka tutup mesin biar lebih mudah memeriksa kondisi bagian mesin. Lalu pastikan cek bahan bakar mobil, apakah masih ada atau habis. Dan hal ini bisa terjadi kalau indikator pada tangki bahan bakar bermasalah sehingga tidak bisa mendeteksi keadaan tangki minyak.

Selang bahan bakar dari tangki minyak mobil matik saat menuju ruang bakar melalui nozel. (Foto. Supriyadi)

Bila bahan bakar aman, coba buka selang bahan bakar yang menuju ruang bakar melalui injektor atau nozel dengan mencabut selang ini. Maka anda bisa melihat keluarnya bahan bakar dengan posisi kunci kontak ke posisi ON, lalu pompa bahan bakar akan minghisap dari tangki bahan bakar menuju nozel. Dengan begitu akan terlihat, apakah bekerja dengan baik atau tidaknya pompa melalui keluarnya bahan bakar.

Apabila saluran bahan bakar ini bagus menyuplai bahan bakar dengan baik, lanjutkan dengan memeriksa sistem pengapian yang bersumber dari aki, dari sinilah penyaluran sistem kelistrikan berbagai sistem disalurkan ke berbagai sistem yang berada pada kendaraan misalkan pengapian, AC, lampu, radio heat unit dan lain sebagainya.

Jika saluran utama ini tidak baik menyimpan energinya bisa berakibat tidak baik juga untuk asupan kelistrikan yang memerlukan energi listrik yang berakibat mobil tidak bisa distarter dan lain sebagainya.

Banyak faktor dari sumber kelistrikan yang terjadi pada kendaraan yang mengalami trouble, bisa disebabkan dari sikring putus kendaraan bermasalah kalau sistim sikring enzinnya yang putus maka perlu pengecekan sistem sikring yang menghubungkan jalur kelistrikan, biasanya ada gambar petunjuk ditutup boks sikring.

Semua sistem kelistrikan dicek, jika tidak bermasalah dilanjutkan kebagian tranmisi matiknya, dengan mengecek kapasitas oli transmisi pada stik oli tranmisi.

Ada juga yang tidak memiliki tuas stik oli biasa, unit ini diisaratkan dengan lampu indikator ababila ada kekurangan oli lampu peringatan akan menyala. Selang transmisi juga bisa menjadi pemicu kerusakan. Misalanya ada salah satu selang bocor, ini bisa menyebabkan sistem tranmisi tidak bekerja dengan sempurna.

Langkah berikutnya dengan pengecekan kolong mobil melihat apa ada kebocoran yang terjadi dari bagian tranmisi.Cek apakah ada tetesan oli yang keluar dan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi karena tekanan oli berkurang.

Arahkan tuas transmisi ke N (netral). (Foto: Supriyadi)

Apabila semua aman coba posisikan transmisi ke posisi ‘N’ (Netral). Sebelum ke posisi N Anda dapat memindahkan tranmisi dari P ke R lanjut D lalu L setelah itu ke S kembalikan lagi posisi tuas tranmisi ke posisi N. Setelah ke posisi N coba starter dengan kaki menginjak pedal rem, kemudian nyalakan kunci kontak ke posisi ON lalu tunggu 30 detik baru distarter dengan cara ini biar semua komponen yang berhubungan dengan sistim ECU (Engine Control Unit) atau ECM ( Engine Control Module) ini berkerja dengan baik.

Karena, biasanya pengguna mobil matik sendiri jarang mengetahui, jika salah posisi transmisi saat parkir bisa juga menyebabkan mobil mogok atau sistem error.

Apabila salah satu di antara kerusakan menyebabkan mobil matik tidak bisa jalan, maka langkah berikutnya segera hubungi bengkel terdekat. Namun bila mobil matik anda tidak bisa diperbaiki, maka gunakanlah dengan jasa derek dengan catatan mobil matik tidak boleh berjalan dengan keadaan mesin tidak hidup jarak 100 meter.

Sistem oli transmisi ini tidak bekerja apabila mesin mati bisa menyebabkan kehausan komponen dalam tranmisi tersebut. Dianjurkan mengangkat mobil mengunakan toing, untuk memindahkan mobil dengan jarak yang jauh.

Semoga ini dapat jadi pedoman bagi pengendara, saat mobil matiknya mengalami mogok di jalan. (Supriyadi)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *