Soal Persiapan Debat Kandidat, Kiai Ma’ruf Sebut Dirinya Biasa Debat Bahtsul Masail

 Soal Persiapan Debat Kandidat, Kiai Ma’ruf Sebut Dirinya Biasa Debat Bahtsul Masail

Debat perdana Pilpres 2019 akan dilaksanakan pada 17 Januari 2018, mengangkat tema Korupsi, Terorisme dan Hak Asasi Manusia. Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin mengaku sudah siap menghadapi debat.

Kata KH Ma’ruf Amin, banyak pihaknya yang menyebutnya belum berpengalaman dalam debat di ajang politik. Hal itu karena baik capres Jokowi dan Prabowo sudah pernah ikut di ajang pilpres, maupun cawapres Sandiaga Uno ikut di ajang Pilgub Jakarta. Dirinya sendiri memang belum pernah demikian.

Namun jangan salah. Kiai Ma’ruf mengaku dirinya terbiasa berdebat. Cuma sebagai seorang ulama, baik di Majelis Ulama Indonesia ataupun di Nahdlatul Ulama (NU).

“Saya memamg belum pernah jadi calon presiden, calon wakil presiden, calon wakil gubernur, tapi saya biasa berdebat bahtsul masail. Itu beda nuansa saja,” kata Abah Ma’ruf, sapaan akrabnya di sela silaturahmi ke Ponpes Al Ghozaly Kota Bogor, Sabtu (5/1). Demikian rilis yang diterima redaksi.

Untuk diketahui, Bahtsul Masail adalah sebuah forum diskusi antar ahli keilmuan Islam, utamanya fikih, di lingkungan pesantren-pesantren yang berafiliasi dengan NU. Di forum ini, berbagai macam persoalan keagamaan yang belum ada hukumnya, belum dibahas ulama terdahulu, dibahas secara mendalam.

Yang jelas, kata Kiai Ma’ruf, dirinya akan mengikuti seluruh aturan main yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karenanya, dia akan melatih diri agar terbiasa dengan aturan main dimaksud.

“Persiapan sudah dilakukan. Saya sudah diberi bahan-bahan. Kemudian besok akan ada briefing tentang materi debat,” ujarnya.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *