Connect with us

Kabar

Sinchiavaganza: Estetika Peranakan Bernarasi Cerlang!

Published

on

Karya Hanny Widjaja /foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Seniman Hanny Widjaja memberi makna perayaan tahun baru Peranakan, Tiong Hoa dengan memamerkan lukisan-lukisan bernarasi cerlang nan sumringah.

Pameran yang berlokasi di Galeri Kunstkring Paleis, Jalan Teuku Umar no.1 Jakarta ini mengaitkan tradisi tahun anyar Peranakan yang diserap dari bahasa Hokkien atas kata 新正 atau Sinchia dan penggabungan ide kreatif peristiwa luar biasa dari kata Ekstravaganza.

Sinchiavaganza adalah frasa baru yang menerangkan upaya artistik seniman Peranakan memahami leluhurnya dengan cara sukacita: Live your Life!

Karya Hanny Widjaja /foto: istimewa

Hanny membawa jiwa Tiog Hoa sekian ratus tahun kebelakang, terutama ia menjumput peristiwa-peristiwa personalnya. Dengan melukiskan secara realis, mengeksplorasi tentang zona-zona yang nyaman dimata serta estetika bertumpu pada penggalian atas sejarah, mengaitkannya dengan tradisi-tradisi Peranakan ratusan tahun yang tetap eksis seperti corak-corak busana/ batik.

Karya Hanny Widjaja /foto: istimewa

Kemudian, ingatan-ingatan kolektif tentang falsafah Budhis dan Taoisme sampai dengan elok ia bercerita beragam jenis kuliner yang menggoda. Pergulatan artistik di kanvasnya juga menggambarkan chinesse classic painting dikenang dan sebuah tantangan membangun dialog dengan gaya lukis realis zaman modern khas miliknya.

Karya Hanny Widjaja /foto: istimewa

Pelukis ini bangga menjadi warga-negara Indonesia dengan menerakan simbol-simbol keintiman dan melepas-mengayun ingatan diasporik tanah-tanah nenek-moyangnya dulu yang ribuan tahun bermukim di Tiongkok. Hanny sejatinya sebagai Peranakan di bangsa baru yang diikrarkan pertengahan abad ke-20 lalu itu dengan senyuman dan rasa syukur.

Januari, 2024

Bambang Asrini, Kurator Seni

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *