Siapkan Helikopter, Doni Monardo Siap Pantau Banjir Jakarta

 Siapkan Helikopter, Doni Monardo Siap Pantau Banjir Jakarta

Petugas BNPB sedang menyiapkan landasan helikopter di puncak Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Pusat. (foto: BNPB)

Jayakarta News – Pagi tadi, (1/1/2020), helipad di puncak Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Pusat tampak sedang dibersihkan. Itu artinya, helikopter BNPB segera beroperasi.

Tenaga Ahli Kepala BNPB Egy Massadiah membenarkan, siang ini, pukul 13.30 WIB, Kepala BNPB Doni Monardo melakukan pemantauan banjir Jakarta dan sekitarnya dengan helikopter. Salah satu sasaran pantauan adalah wilayah sekitar Istana Negara.

Sebagai salah satu simbol negara, Doni Monardo, Jumat (27/12/2019) lalu sudah mengingatkan Kepala BPBD DKI Jakarta untuk mengantisipasi, agar banjir tidak sampai masuk area Istana Negara. Dalam kesempatan itu, Doni bahkan sudah meminta aparat BPBD DKI Jakarta untuk melakukan gelar apel kesiapsiagaan.

Daerah lain yang akan dipantau melalui helikopter antara lain tiga sungai besar yang memiliki potensi meluapkan banjirnya ke wilayah Jabodetabek, yakni Ciliwung, Cisadane, dan Citarum. Selain itu, memantau kantong-kantong banjir di Ibukota.

Kabar terbaru yang diterima Jayakarta News, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo akan melakukan peninjauan banjir bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk memastikan penanganan berlangsung dengan baik, cepat dan tepat.

Doni mengingatkan kembali kepada BPBD DKI Jakarta untuk memastikan Posko yang ada diaktifkan dan dilengkapi dengan dapur umur, MCK dan sebagainya agar masyarakat bisa terlayani dengan baik. Lebih lanjut Doni juga menghimbau masyarakat agar segera evakuasi ke tempat aman jika tempat tinggalnya berpotensi banjir lebih besar, “Utamakan nyawa daripada harta”.

Sementara, Gubernur DKI menyampaikan prioritas evakuasi untuk daerah DKI Jakarta di Kelurahan Cawang, Kelurahan Kayu Putih dan Kelurahan Cakung. (rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *