Serius Dukung Program DBON: Inkai Kota Bogor akan Gelar Kejurcab Karate

 Serius Dukung Program DBON: Inkai Kota Bogor akan Gelar Kejurcab Karate

JAYAKARTA NEWS— Pengurus Cabang Institut Karatedo Indonesia (Inkai) Kota Bogor akan menggelar event tahunan kejuaraan karate di Gelanggang Olahraga 2 (GOR) Pajajaran yang direncanakan berlangsung tanggal 8-9 Oktober mendatang. Perhelatan tahunan ini sempat dua tahun mandeg karena serangan wabah covid 19 yang membuat pembatasan-pembatasan kegiatan berkumpul masyarakat.

Dalam rangka pesta tahunan kompetisi karate ini, Pengurus Cabang Inkai Kota Bogor melakukan audiensi dengan Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim Selasa (6/9) lalu di Balaikota Bogor. Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua PC Inkai Kota Bogor sinpai Syamsudin Magenda. Pemegang Dan 3 sabuk hitam ini  didampingi Ketua Panitia Penyelenggara sinpai Suryanto (Dan 6) dan beberapa pengurus lainnya.

Pada kesempatan audiensi tersebut Dedie A Rachim menyambut baik rencana kejurcab karate Inkai Kota Bogor. Dia berharap hasil kejurcab bisa memberi dukungan nyata  bagi cabang olahraga karate di Kota Bogor khususnya menyokong  event Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat November mendatang di Ciamis.

Dedie juga memberi apresiasi terhadap atlet Inkai Kota Bogor yang sudah mendulang prestasi membanggakan baik di tingkat Nasional bahkan internasional, seperti Hazel Ramadhan. Hazel sudah sering  menyumbangkan medali emas baik bagi Kota Bogor termasuk mewakili Propinsi Jawa Barat pada kejurnas karate. “Semoga di Inkai lahir lagi Hazel-hazel yang lain,” harap Dedie picu semangat kepada Pengurus Cabang Inkai Kota Bogor.

Wakil Walikota dalam audiensi dengan Pengurus Inkai Kota Bogor didamping Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor Deddy Karyadi dan Ketua Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Danny Suhendar. Wakil Walikota berkesempatan juga menjelaskan tentang peran Pemerintah  Kota Bogor dalam rencana besar pengembangan prestasi  olahraga nasional. Sebagaimana telah dideklarasikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada Hari Olahraga Nasional Tahun 2021 dengan nama Desain Besar Olahraga Nasional (D’BON) sebagai sebuah rencana induk pengembangan prestasi olahraga nasional sebagaimana diatur dalam  Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021.

 Dalam kesempatan memberi laporannya, Ketua Pengcab Inkai Kota Bogor Syamsudin Magenda mengatakan kejurcab rencananya akan diikuti oleh atlet karate mayoritas pelajar. Diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 20 dojo atau ranting latihan dengan melibatkan sekitar 600 karateka. Dia berharap Wakil Walikota atau bahkan Walikota Bogor akan membuka kejurcab karate ini.

Pada kesempatan terpisah, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Danny Suhendar yang dihubungi Jayakarta News Kamis (8/9),  memberi penjelasan teknis atas hal yang disampaikan Wakil Walikota Bogor saat audiensi. Pemda Kota Bogor sangat antusias mendukung Program Menpora membangun olahraga nasional melalui Program DBON. Pembinaan olahraga yang terukur dan  berkelanjutan untuk target prestasi Indonesia menjadi negara 5 besar juara Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2045 mendatang.

Saat ini di Kota Bogor sedang dibangun dua stadion mini di Kecamatan Bogor Selatan dan Kecamatan Bogor Utara. Nantinya direncanakan dibangun di semua kecamatan.  Juga rencana revitalisasi besar GOR Pajajaran yang direncanakan mulai dibangun pada tahun 2023. Saat ini juga sedang dikerjakan   pembangunan revitalisasi Lapangan Bola Manunggal menjadi tempat kegiatan olahraga rekreatif masyarakat.

Di Kecamatan Tanah Sareal di daerah Kayu Manis sudah ada konsep besar Rencana Pembangunan Kampung Atlet diatas lahan Pemda Kota Bogor seluas 9 hektar. Semua sarana dan pra sarana olahraga yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor melalui dana APBD, APBD Propinsi bahkan APBN kata Danny adalah bentuk nyata konsern Pemerintah Kota Bogor mendukung Program DBON untuk pengembangan olahraga rekreatif, olahraga prestasi dan memajukan industri olahraga. (nat) 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.