Sensasi Pindul Gunung Kidul

 Sensasi Pindul Gunung Kidul

ADA banyak gua, tapi Gua Pindul dijamin beda. Gua di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul ini, siap ditelusuri menggunakan perahu ban dan jaket pelampung. Ban besar (tubing) tersebut sudah dimodifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air.

Alat khusus ini digunakan buat menyusuri Gua Pindul yang memiliki panjang sekitar 350 meter, lebar sekitar 5 meter, jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter, dan kedalaman air sekitar 5-12 meter. “Gua ini memiliki tiga zona, yakni zona terang, zona remang, dan zona gelap, dengan waktu tempuh dalam lorong gua sekitar 45 menit,” ujar seorang pemandu.

Ketika Anda menyusuri gua Pindul ini, Anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit, sehingga terlihat seperti sebuah pilar besar. Stalaktit ini merupakan terbesar di Gua Pindul dan mempunyai peringkat Nomor 4 di dunia. Stalagtit putting yang masih aktif ini, khabarnya tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik dan awet muda bagi wanita, dan menambah vitalitas buat laki-laki.

Bagi yang ingin megunjungi ke tujuan wisata ini, Anda harus menggunakan agen resmi pengelola wisata di sini. Harga tiket wisata gua pindul adalah Rp.35.000/orang domestik, harga tiket  ini adalah harga tiket yang sudah ditetapkan bersama, karena harga tiket di sini dapat berubah sewaktu-waktu.

Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua Pindul, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapa pun jumlah peserta yang berkunjung, pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya.

Dari Yogyakarta, lokasi Gua Pindul bisa dituju menuju Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur di tengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul. ***

admin Jayakarta

1 Comment

  • “Wah jadi penasaran pengin ‘My Trip My Adventure’ sekalian reunian dengan rekan asal Gunung Kidul, Aras Triwoyo & Miladiyah Susanti yang pernah sekantor di Jalan Arus 39.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *