Connect with us

Kolom

Sejarah dan Peran 3 Komando Matra TNI di Kota Malang

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Malang adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, yang memiliki sejarah panjang dan penting dalam bidang pertahanan negara. Malang dipilih sebagai kota yang memiliki pusat komando pertahanan laut, darat dan udara dalam satu wilayah karena beberapa alasan, antara lain:

Malang memiliki letak geografis yang strategis, yaitu berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan dan dekat dengan pantai selatan Jawa. Hal ini memberikan keuntungan bagi pertahanan dari segala arah, baik dari darat, laut maupun udara. Malang juga memiliki iklim yang sejuk dan subur, yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan prajurit dan penduduknya.

Malang memiliki sejarah yang kaya dan beragam, yang mencerminkan semangat perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia. Malang pernah menjadi pusat perlawanan terhadap penjajahan Belanda dan Jepang, serta menjadi basis gerilya pada masa revolusi kemerdekaan. Malang juga memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia.

Malang saat ini memiliki potensi dan sumber daya yang besar untuk mendukung pertahanan negara, baik dari segi manusia, alam, maupun teknologi. Malang memiliki banyak perguruan tinggi terbaik yang menghasilkan lulusan berkualitas di berbagai bidang, termasuk pertahanan dan keamanan. Malang juga memiliki banyak industri dan usaha yang bergerak di bidang pertahanan, seperti pabrik senjata, amunisi, pesawat terbang, dan peralatan militer. Malang juga memiliki banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pertahanan.

Sejarah singkat dari ketiga matra TNI di Malang adalah sebagai berikut

TNI Angkatan Udara

angkalan Udara Abdulrachman Saleh, Pangkalan udara ini dibangun oleh pemerintahan Belanda pada era 1937-1940 bersamaan dengan pembangunan pangkalan-pangkalan udara lain seperti Lanud Maospati di Madiun, Lanud Panasan di Solo, dan Lanud Maguwo di Jogjakarta. Pangkalan udara ini awalnya bernama Lanud Bugis, dan terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, atau 17 kilometer sebelah timur dari pusat Kota Malang.

Nama pangkalan udara ini diambil dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, Abdulrachman Saleh, yang merupakan seorang dokter, penerbang, dan tokoh Radio Republik Indonesia.

Beliau gugur dalam peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Maguwo, Yogyakarta, pada tanggal 29 Juli 1947, bersama dengan Agustinus Adisutjipto dan Hadisumarmo Wirjokusumo, yang juga merupakan tokoh-tokoh penting dalam sejarah TNI AU.

Pangkalan udara ini memiliki dua landasan pacu, yang pertama untuk pesawat-pesawat bermesin propeller seperti Hercules C-130 dan Super Tucano, dan yang kedua untuk jenis pesawat bermesin jet seperti Boeing 737. Pangkalan udara ini juga menjadi tempat bermarkasnya Detasemen Matra 2 KOPASGAT dan YONKO 464 KOPASGAT Komando Pasukan Gerak Cepat.

TNI Angkatan Darat

Kodim 0833 Kota Malang, Kodim atau Komando Distrik Militer adalah satuan teritorial TNI AD yang berada di bawah Korem atau Komando Resor Militer. Kodim 0833 Kota Malang adalah salah satu dari 13 Kodim yang berada di bawah Korem 084/Bhaskara Jaya yang meliputi wilayah Jawa Timur bagian selatan.

Kodim 0833 Kota Malang bermarkas di Jalan Rampal, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Nama Rampal diambil dari nama seorang pahlawan nasional Indonesia, yaitu Letnan Jenderal TNI (Anumerta) R. Soeprapto, yang juga dikenal dengan nama Rampal.

Beliau adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang gugur dalam peristiwa pemberontakan G30S/PKI pada tanggal 1 Oktober 1965, bersama dengan enam jenderal lainnya. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Jakarta .

Kodim 0833 Kota Malang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pembinaan teritorial, pertahanan negara, dan operasi militer selain perang di wilayah Kota Malang. Kodim 0833 Kota Malang juga memiliki beberapa satuan bawahannya, seperti Koramil atau Komando Rayon Militer, dan Yonif atau Batalyon Infanteri.

TNI Angkatan Laut

Lanal Malang, Lanal atau Pangkalan TNI Angkatan Laut adalah satuan pelaksana TNI AL yang berada di bawah Lantamal atau Komando Lintas Laut Militer. Lanal Malang adalah salah satu dari 15 Lanal yang berada di bawah Lantamal V yang meliputi wilayah Jawa Timur dan Bali.

Lanal Malang bermarkas di Lokasi Lanal Malang adalah di Jl. Yos Sudarso No.14, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Lanal Malang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pembinaan potensi maritim, pertahanan negara, dan operasi militer selain perang di wilayah Kota Malang dan sekitarnya. Lanal Malang juga memiliki beberapa satuan bawahannya, seperti Posal atau Pos Angkatan Laut, dan Satrol atau Satuan Patroli. (Heri)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *