Sebanyak 29 Delegasi Meriahkan Panggung SIPA 2021

 Sebanyak 29 Delegasi Meriahkan Panggung SIPA 2021

Endah Laras, maskot SIPA 2021 pada penampilan hari kedua. (Foto: Humas SIPA 2021)

JAYAKARTA NEWS –  Solo International Performing Arts (SIPA) digelar ditengah pandemi COVID-19 kedua kalinya. SIPA hadir dengan konsep baru yaitu hybrid dan drive in dimana penonton dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan SIPA dengan menggunakan mobil di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo dan live streaming melalui kanal YouTube SIPA FESTIVAL dan Pariwisata Solo. SIPA di hari kedua ini menampilkan berbagai penampilan yang melibatkan seniman dari delegasi Indonesia dan mancanegara dimulai pada pukul 13.00 – 17.00 WIB untuk penampilan video perfomance dan pukul 19.00 – 22.00 WIB untuk live performance.

Salah satu jaringan manca negara SIPA yaitu Erasmus Huis menyambut baik SIPA 2021. Kepala Departemen Kebudayaan dan Komunikasi, Erasmus Huis, Mr. Jaef de Boer, mengatakan “Dengan adanya acara SIPA ini, kami sebagai peminat budaya dan seni dari Eramus Huis merasa bangga dan senang. Melalui festival yang luar biasa ini, orang-orang akan memahami makna dan keragaman budaya. Kita harus tahu lebih banyak tentang budaya lain dari berbagai jenis seni pertunjukan. Dengan cara ini kita bisa menghormati tradisi dan karakteristik budaya lain, sehingga kita bisa menjalin hubungan baik antara Belanda dan Indonesia.”

Pada hari kedua ini, SIPA menampilkan 12 video penampilan hasil karya dari delegasi Indonesia dan 11 video delegasi mancanegara. Delegasi Indonesia yang turut memeriahkan panggung SIPA secara live diantaranya Ngalambeksa Community (Malang), Joko SSP feat Wiwin Andie Fashion Designer (Solo), Wasi Bantolo (Solo), Brayat Endah Laras (Solo), Sawung Dance Studio (Surabaya), dan Pecas Ndahe (Solo).

Para penonton daring maupun luring pun berkesempatan berinteraksi langsung dengan SIPA melalui live chat di kanal YouTube. Penonton yang beruntung juga bisa mendapatkan merchandise SIPA dengan menjawab pertanyaan kuis.

Selanjutnya, SIPA juga telah membuka kompetisi TikTok sejak September. Pengumuman pemenang kompetisi TikTok dengan Juara 1 mendapat Rp. 1.000.000; Juara 2 Rp. 750.000; Juara 3 Rp. 500.000; dan Juara Favorit 3 Pemenang Rp. 250.000.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka juga hadir langsung pada pertunjukan SIPA. “Berharap SIPA tahun ini menjadi awal kebangkitan dan kepulihan dari pariwisata ekonomi kreatif di Indonesia. Bersyukur, masyarakat kota Solo mampu berusaha di tengah kondisi pandemi. Melalui SIPA juga terlihat dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak,” ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya. (PR)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (tengah) menyaksikan SIPA 2021 hari kedua, didampingi Walikota Solo Gibran Rakabumking Raka (kanan), dan Direktur SIPA: Dra. Irawati Kusumoasri, S.Sn. (foto: Humas SIPA)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *