Connect with us

Sport

SEA Games Kamboja: Indonesia Peringkat Kedua dengan 16 Emas 11 Perak 23 Perunggu

Published

on

JAYAKARTA NEWS—- Meski masih jauh dari target yang ditetapkan yakni melebihi perolehan pada SEA Games Vietnam 2022 lalu, namun Menpora Dito Ariotedjo optimis Timnas Indonesia akan mencapai hasil cemerlang pada SEA Games Kamboja.

Untuk diketahui, pada SEA Games Vietnam 2022 lalu, Indonesia berada diperingkat ketiga dengan 69 emas 92 perak dan 90 perunggu. Saat itu Vietnam juara dengan 205 emas, 125 perak dan 116 perunggu. Sementara Thailand berhasil menempati peringkat kedua dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Hasil Indonesia di SEA Games Vietnam 2022 dianggap jauh lebih baik, pasalnya pada SEA Games sebelumnya di Filipina, Indonesia berada di urutan kelima.

Karenanya dengan perolehan emas dalam dua hari ini—16 emas— meski memang masih jauh dari harapan, namun tetap saja menumbuhkan optimisme bahwa hasil Indonesia bisa lebih baik dari capaian di Vietnam. Sebagai informasi, terakhir kali Indonesia juara SEA Games adalah tahun 2011 atau 12 tahun lalu.

Klasemen SEA Games 2023 Kamboja, Minggu (7/5/2023)

Setidaknya sampai Minggu (7/5/2023) malam, Indonesia telah mengumpulkan 50 medali, 16 di antaranya emas, 11 perak dan 23 perunggu. Dan untuk sementara Indonesia berada di peringkat kedua di bawah tuan rumah Kamboja yang telah menggumpulkan 69 medali, 28 di antaranya emas, 20 perak dan 21 perunggu.

Berada di peringkat ketiga adalah Vietnam dengan 14 emas 18 perak dan 25 perunggu. Thailand diposisi keempat dengan 14 emas, 18 perak dan 21 perunggu. Sedang Filipina diurutan kelima dengan 13 emas, 19 perak dan 17 perunggu.

Emas terbaru antara lain didapat dari cabang olahraga renang dengan dua medali emas yang diraih I Gede Siman Sudartawa dan Masniari Wolf. 

Bertanding di Aquatic Center Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5), Siman yang turun di nomor 50 meter backstroke mencatatkan waktu 25.16 detik. Dia unggul dari Jerard Dominic Jacinto (Filipina) dengan waktu 25.56 detik. Sedangkan Zheng Wen Quah (Singapura) membukukan waktu 26.61 detik. 

Sedang Masniari Wolf yang mengibarkan bendera merah putih di ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini menyumbangkan emas dari nomor 50 meter backstroke putri. Wolf mencatatkan waktu 28.89 detik.

Dia mengungguli pesaingnya yakni Saovanee Boonamphai (Thailand) dengan waktu 28.97 detik. Sedangkan peringkat tiga diraih Teia Isabella Salvino (Filipina) dengan waktu 28.99 detik.

Menpora Dito Ariotedjo berharap Indonesia bisa finish minimal peringkat dua pada ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini.  “Tim Indonesia sampai pagi ini berada diperingkat kedua . Kita harap ini tetap peringkatnya sampai ujung. Semoga bisa peringkat satu, ya atau tetap berada di peringkat dua,” ucapnya. 

Menpora Dito menyadari perjuangan untuk mencapai target itu tidak mudah. Diharap para atlet bisa bekerja lebih keras dan mengeluarkan segala kemampuan yang ada.  “Perjuangan keras memang untuk mencapai target, jadi kita harus tetap optimis dan banyak berdoa,” kata Dito.***din 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *