Sambut F1 Powerboat Danau Toba, Disbudparekraf Sumut Gelar Side Event

 Sambut F1 Powerboat Danau Toba, Disbudparekraf Sumut Gelar Side Event

Kadisbudpar Sumut, Zumri Sulthony saat mengikuti rapat 5 DKSP di Kaldera Toba. (Foto. Ist)

JAYAKARTA NEWS – Dalam menyambut dan memeriahkan perhelatan ajang balap perahu super cepat atau F1 Powerboat (F1H2O) Danau Toba, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Provinsi Sumatera Utara akan menggelar side event di antaranya adalah festival kuliner, nonton bareng dan pameran stan UMKM.

F1 Powerboat akan dihelat pada 24-26 Februari 2023. Melalui ajang ini, pariwisata Indonesia khususnya Sumatera Utara termasuk UMKM di dalamnya diyakini akan kembali menggeliat usai pandemi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony di Medan, Jumat (20/1/2023), mengatakan guna memeriahkan kegiatan tersebut rangkaian side event ini nantinya akan dibuat di kawasan Pantai Bulbul Sibolahotang Kabupaten Toba dari tanggal 24-26 Februari 2023 dengan menampilkan hiburan artis, festival bakar ikan, nonton bareng, atraksi seni budaya dan stan pameran UMKM dari berbagai wilayah Sumatera Utara.

“Kami akan mulai berbagai side event ini dari tanggal 24 Februari mendatang, agar para penonton atau pengunjung F1 Powerboat bisa berkunjung melihat dan membeli hasil kerajinan produk UMKM Sumut,”katanya.

Diharapkan melalui kegiatan F1 Powerboat Danau Toba, dapat menggerakkan ekonomi masyarakat lokal sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Sumatera Utara.

Zumri juga menambahkan, momen perhelatan F1 Powerboat ini akan digunakan Pemprov Sumut sebagai brand promotion destinasi wisata khususnya yang berada di Danau Toba dengan melakukan pelatihan Digitalisasi Promosi kepada 100 Pelaku Pariwisata di Kabupaten Toba untuk meningkatkan promosi secara digital pelaksanaan kegiatan F1 Powerboat.

“Ini waktu yang tepat untuk mempromosikan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba kita kepada internasional melalui perhelatan ajang balap perahu super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) Danau Toba,” tambahnya.

Perhelatan F1 Powerboat ini akan dihadiri 10 tim. Setiap tim rata-rata akan membawa 300 personel. Event ini akan memberikan dampak besar terhadap pariwisata dan perekonomian Sumatera Utara.

“Ini event besar, ribuan orang baik dari nasional maupun mancanegara akan hadir di Sumut. Kita harap akan berdampak pada perekonomian masyarakat dan peningkatan kunjungan wisatawan,” pungkasnya.

Zumri pun optimistis gelaran F1 H2O Danau Toba akan berjalan sukses seperti ajang balap motor MotoGP di Mandalika 2022. Hal ini karena animo masyarakat sekitar dan daerah lain yang cukup tinggi.

Danau Toba menjadi tuan rumah ke-40 setelah 39 kali ajang internasional tersebut digelar di berbagai negara. Diperkirakan ada sekitar 20 hingga 25 ribu orang yang akan berkunjung ke Danau Toba saat balapan F1 Powerboat digelar. (*/Mons)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.