Sabet Juara Umum, Dojo Renzo United Berjaya di Kejurnas Karate KASAL Cup 2022

 Sabet Juara Umum, Dojo Renzo United Berjaya di Kejurnas Karate KASAL Cup 2022

Kontingen Renzo United juara umum Kejurnas Karate KASAL CUP 2022, 2-4 Feb 2022/foto: diana

JAYAKARTA NEWS— Wajah Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo luar biasa sumringah, begitu juga para atllet Dojo Renzo United. Betapa tidak, dalam Kejuaraan Nasional Karate KASAL Cup 2022 yang berlangsung dari 2-4 Februari di Gedung RB. Soepardan Mako Puspomal, Kelapa Gading Jakarta Utara, Tim Renzo United tampil sebagai Juara Umum KASAL Cup 2022 kategori Open dengan perolehan medali, 14 emas, 16 perak dan 26 perunggu.

“Wah, hasil ini sungguh luar biasa. Kami sungguh tidak mengira hasilnya bisa sangat bagus,” ungkap Prof Kikiek yang bernama asli Hermawan Sulistyo ini sambil tertawa lebar.

Pasalnya, tim Dojo Renzo United yang tampil di Kejuaraan KASAL Cup 2022 ini bukan lah tim lapisan pertama. Kebanyakan dari mereka adalah lapisan kedua atau tim cadangan.

“Tim lapisan pertama berasal dari berbagai daerah di antaranya dari Bali dan Papua. Mereka semua adalah para juara karate juga atlet nasional. Kami sudah optimis, kalau tim lapis pertama diturunkan pasti akan membawa hasil bagus. Paling tidak bisa dapat 10 emas. Tapi ternyata ketika mereka dites Covid, banyak yang positif. Wah!” Papar Prof Kikiek. Para atlet yang terpapar Covid ini jumlahnya tak tanggung-tanggung, sekitar 12 orang. “Mereka kini tengah menjalani karatina mandiri di asrama Dojo Renzo,” ucap Prof Kikiek.

Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo (tiga dari kanan), Pendiri Dojo Renzo bersama para pelatih dan atlet Renzo United menyambut gembira kemenangan di KASAL Cup 2022, (4/2/2022)/foto: diana

Kabar para karateka andalan kena Covid sempat mengagetkan semuanya. Padahal mereka ini sudah dipersiapkan dengan baik. Tapi apa mau dikata. Covid datang seperti ‘pencuri’, tidak ada yang tahu. Sampai akhirnya saat melakukan test Covid pada semua atlet Dojo Renzo, akhirnya dapat hasil 12 orang positif.

Tak mau larut dengan keprihatinan, pengurus Dojo Renzo khususnya penanggung jawab Tim Kejurnas, segera mengambil langkah sigap. Dipilihlah karateka-karateka cadangan untuk tampil di Kejurnas. “Jadi tidak ada persiapan khusus. Persiapan mereka hanya lah latihan-latihan yang mereka terima di Dojo Renzo,” tambahnya.

Karenanya ketika tampil di Kejurnas pun pihaknya tidak terlalu berharap muluk-muluk. Tapi ternyata yang terjadi diluar dugaan.  “Anak-anak tampil luar biasa. Mereka ‘kayak kesetanan’ membabat lawannya. Luar biasa. Sungguh tidak menyangka saya. Padahal dalam penampilan di beberapa event sebelumnya, tidak sebagus ini. Sungguh saya bersyukur,” tambah pendiri Dojo Renzo ini sambil geleng-geleng kepala. Heran dan takjub! Perkiraan dapat 10 emas, malah dapat 14 emas.

Sukacita kontingen Renzo United/foto: diana

Hal itu juga dibenarkan oleh Penanggungjawab Tim Renzo, Nelwan Rompis yang mendampingi Prof Kikiek di acara penutupan Kejurnas. “Itu menandakan apa yang sudah dilakukan Dojo Renzo selama ini adalah sudah benar. Terbukti, anak-anak meski tidak dipersiapkan khusus untuk ikut Kejurnas ini, namun mampu membuktikan diri, membuktikan kemampuannya,” ungkap Nelwan Rompis, senang.

Tim Renzo United yang ikut berlaga di Kejurnas ini sebanyak 130 atlet. Jumlah yang sama dengan tim lainnya di event ini. “Karena pandemic Covid-19, jumlah peserta dibatasi. Masing-masing kontingen maksimal hanya sekitar 130 atlet. Saya perkirakan kalau situasi tidak pandemic Covid, pasti bisa mencapai 1000-an atlet. Saat ini total peserta hanya sekitar 600 an atlet karena pembatasan itu,” jelasnya.

Hari ini, Jumat (4/2/2022) Kejurnas KASAL Cup 2022 resmi ditutup oleh Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) Lukman mewakili KASAL  Laksamana TNI Yudo Margono.

Hasil KASAL Cup 2022:

1.Kategori TNI/Polri

a.Juara Umum 1 Kontingen Marinir dengan perolehan 5 emas, 5 perak, 7 perunggu

b.Juara Umum 2 Kontingen Puspomal dengan perolehan 2 emas, 3 perak, 2 perunggu.

c.Juara Umum 3 Kontingen Resimen 2 Pelopor dengan2 emas 1 perunggu

2. Kategori Open

a.Juara Umum 1 Kontingen Renzo United dengan 14 emas, 16 perak dan 26 perunggu.

b.Juara Umum 2 Kontingen Marinir dengan 4 emas, 4 perak dan 5 perunggu.

c.Juara Umum 3 Kontingen Bhumi Marinir Cilandak dengan 4 emas, 3 perak, 4 perunggu. (dnr/mel)

VIDEO TERKAIT

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.