Connect with us

Entertainment

‘Sabdo Pandito Rakjat’, Mengenang Ki Nartosabdo

Published

on

JAYAKARTA NEWS—  Guna mengenang Ki Nartosabdo (maestro dalang wayang kulit dan karawitan), Indonesia Kita menyuguhkan lakon rekaman pentas bertajuk ‘Sabdo Pandito Rakjat’ (‘Rakjat’ sengaja ditulis pakai ejaan lama) hari Minggu (9/8) di www.indonesiakaya.com dan channel YouTube IndonesiaKaya.

Difasilitasi Bakti Budaya Djarum Foundation, lakon yang disutradarai Sujiwo Tejo ini memadukan unsur seni dan dibalut teknologi untuk menyuarakan makna-makna yang tersirat dalam cerita pentasnya.

Adegan lakon ‘Sabdo Pandito Rakjat’,(Foto : Image Dynamic)

Ceritanya tentang seorang dalang yang bersikap teguh dan kritis terhadap apa yang terjadi disekelilingnya serta diperkuat dengan lagu-lagu ciptaan Ki Nartosabdo yang diaransemen ulang oleh Bintang Indrianto bernuansa jazz. Beberapa komposisi Ki Nartosabdo antara lain Gambang Suling, Perahu Layar, Dara Muluk  Ibu Pertiwi dll.

Ki Nartosabdo termasuk komponis jenius dan melampaui zamannya. Dalang terbaik yang pernah ada di Indonesia, kata Presiden 1 RI, Bung Karno. Agus Noor selaku penulis naskah mengemukakan bahwa seorang dalang harus bisa menjaga akal sehatnya ditengah kegaduhan sosial politik.

Dia peka mendengar suara-suara jernih rakjat dalam jenjang moralitasnya. Beberapa pemain andal tampil dalam lakon ini, yaitu Sujiwo Tejo (merangkap sutradara), Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Didiek Nini Thowok, Happy Salma, Trio GAM (Gareng, Joned, Wisben), Butet Kertaredjasa, Sruti Respati, Bonita, Inayah Wahid, Gita Sinaga dan Joe Kiwil. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *