Raih Emas Marathon, Odekta: Di Balik Kesuksesan Ada Pengorbanan dan Doa

 Raih Emas Marathon, Odekta: Di Balik Kesuksesan Ada Pengorbanan dan Doa

Odekta Elvina Naibaho berhasil meraih emas nomor marathin SEA Games Vietnam, menangis dipeluk pelatihnya/foto: NOC Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Tak bisa digambarkan bagaimana perasaan Odekta Elvina Naibaho yang akhirnya berhasil meraih emas nomor marathon SEA Games Vietnam. Berlari di Hanoi National Sports Complex, Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022), Odekta mencatat waktu 2 jam 55 menit 27 detik.

Sempat kram kedua kakinya dan mual, namun Odekta merasa bahagia. Sudah lama ia menginginkan prestasi ini, bisa mengumandangkan Indonesia Raya dalam event besar. SEA Games Filipina 2019 lalu, ia gagal meraih emas setelah terjatuh sekitar 600 meter jelang finish dan tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Odekta Elvina Naibaho /foto: NOC Indonesia

Mengutip rilis Tim Media CdM, sebelum focus berkarier di atletik, Odekta sempat dipaksa orangtuanya untuk ikut tes tentara. Namun ia gagal tes. Akhirnya Odekta memutuskan untuk focus pada atletik dan akhirnya ia berhasil masuk pelatnas.

Di SEA Games Filipina 2019, ia gagal mempersembahkan emas. Dan hari ini Odekta membalasnya dengan mempersembahkan emas untuk Indonesia juga PASI.

“Doa orangtua itu paling mujarab di atas segalanya. Lalu ada pelatih  yang saya anggap orang tua juga di sini. Saya percaya doa mereka melindungi dan memberi energi positif,” kata Odekta lagi.

“Sepanjang rute juga saya senyum meski ada kram. Saya ingin memberikan dampak positif itu juga kepada masyarakat jadi di balik kesuksesan itu ada pengorbanan dan doa-doa orang yang disayang.”

Sementara itu, pelari jarak jauh putra Agus Prayogo dipaksa puas dengan medali perak. Ia finish kedua di nomor maraton putra dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 38 detik atau terpaut 30 detik di belakang tuan rumah Hoang Nguyen Thanh.

Hasil ini membuat Agus gagal mempertahankan torehan medali emas di SEA Games 2019. Namun, ia mengaku tak terlalu kecewa.

“Pagi ini dari start sebenarnya semua sudah bagus banget. Dari persiapan kemudian cuaca dan rute enak banget,” kata Agus. “Finish dengan catatan waktu dua jam 25 menit itu berarti lebih bagus satu menit dari waktu saat saya dapat emas di SEA Games 2019 Manila. Saya bersyukur catatan waktu saya bagus, tapi tuan rumah lebih siap”.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.