Produksi Vaksin Corona Ancam Habisi 500.000 Hiu

 Produksi Vaksin Corona Ancam Habisi 500.000 Hiu

Shark squalene dapat digunakan dalam vaksin Covid-19 – (Foto: Getty via Canva)

JAYAKARTA NEWS – Simalakama! Bukan, ini bahkan dapat dikata lampu merah. Masalahnya pengembangan produksi vaksin untuk melawan virus Covid-19 sangat berpotensi memusnahkan setengah juta populasi ikan hiu.

Para konservasionis memperingatkan, bahaya lingkungan yang sangat hebat, tatkala para ahli kesehatan atau perusahaan farmasi dalam mengembangkan vaksin berfokus pada pemanfaatan hewan mamalia yang hidup liar di laut lepas tersebut.

Perusahaan farmasi Inggris bernama GlaxoSmithKline (GSK), kini tengah memproduksi vaksin flu, dengan memanfaatkan shark squalene, yaitu minyak alami yang diproduksi di hati mamalia hiu.

Shark squalne digunakan sebagai adjuvan dalam pengobatan, bahan yang meningkatkan efektivitas vaksin dengan menciptakan respons imun yang lebih kuat. GSK telah mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi satu miliar dosis adjuvan untuk penggunaan potensial dalam vaksin virus corona.

Bayangkan apa yang terjadi, kalau perusahaan Inggris itu benar-benar menjalankan rencana bisnisnya untuk memproduksi satu miliar dosis vaksin virus korona. Untuk memproduksi vaksisn tersebut di antaranya membutuhkan hiu squalene.

Antara 2.500 – 3.000 hiu dibutuhkan untuk mengekstrak satu ton squalene. Kelompok konservasi Shark Allies memperkirakan, bahwa jika semua populasi dunia menerima satu dosis vaksin, sekitar 250.000 hiu harus disembelih, tergantung pada jumlah squalene yang digunakan. Dua dosis untuk setiap orang di dunia, sama dengan setengah juta hiu.

Stefanie Brendl, salah satu aktivis di Shark Allies mengingatkan, “Memanen sesuatu dari hewan liar tidak akan pernah berkelanjutan. Ingat bahawa hiau adalah predator puncak yang tidak bereproduksi dalam jumlah besar.”

Squalene adalah bahan yang didambakan dalam kosmetik dan oli mesin. Diperkirakan 3 juta hiu dibunuh setiap tahun karena squalene.

Untuk diketahui, Paus orca memangsa hati hiu dan hampir dapat mengeluarkannya dengan operasi. Beberapa hati hiu memiliki berat hingga sekitar 80kg.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *