Presiden APC akan Berikan Penghargaan Tertinggi kepada Presiden Jokowi

 Presiden APC akan Berikan Penghargaan Tertinggi kepada Presiden Jokowi

Ketua KOI/NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (baju putih)/foto: NOC Indonesia

SOLO, JAYAKARTA NEWS – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari membawa kabar gembira bagi Indonesia. Presiden Asian Paralympic Commitee (APC), Majid Rashed akan memberikan penghargaan tertinggi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas komitmennya terhadap perkembangan olahraga yang telah ditunjukkan di Asian Para Games 2018 Jakarta hingga ASEAN Para Games 2022 Solo. 

Okto, panggilan akrabnya, mengatakan, keinginan Presiden APC, Majid Rashed memberikan penghargaan itu disampaikan dalam pertemuan dengan NOC Indonesia dan Ketua National Paralympic Commitee (NPC) Indonesia, Senny Marbun di Swissbell Hotel Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/8/2022). 

“Presiden APC, Majid Rashed memberikan penghargaan tertinggi itu bukan hanya karena Indonesia bersedia menggelar ASEAN Para Games 2022 tetapi menilai Presiden Jokowi merupakan sosok yang konkret dalam olahraga dan memberikan perlakuan yang sama terhadap NPC dan NOC Indonesia,” kata Okto. 

Hubungan Okto dengan Majid Rashed dan Senny Marbun sudah terjalin sejak lama. Karena, Okto pernah menjabat sebagai Ketua Indonesian Asian Paralympic Games Organizing Commitee (INAPGOC). Berkat perannya Indonesia sukses menggelar Asian Para Games 2018 Jakarta.

Berbicara masalah ASEAN Para Games 2022 Solo yang akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022, Okto tidak meragukan apalagi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai Ketua Panitia Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC). 

“Saya yakin Mas Gibran yang menjadi Ketua Panitia INASPOC akan memberikan yang terbaik untuk kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 Solo,”  katanya.

Begitu juga dengan target Kontingen Para Games Indonesia yang ingin mempertahankan gelar juara umum pada ASEAN Para Games 2022 Solo. “Saya tidak meragukan abang saya Senny Marbun yang mematok target mempertahankan juara umum di ASEAN Para Games 2022 Solo. Bertanding di rumah sendiri pasti prestasi atlet-atlet para games Indonesia jauh lebih baik,” tandasnya. 

Seperti diketahui pelaksanaan ASEAN Para Games 2019 Filipina batal dan Vietnam menolak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2021. Kemudian, Presiden Jokowi menginstruksikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022. 

Makanya Majed Rashed berani menyebut Indonesia beruntung punya Presiden Jokowi . “Indonesia beruntung memiliki Presiden Joko Widodo yang sangat mendorong dan mendukung disabilitas untuk berkembang,” katanya.  

Majid Rashed juga menyebut Raja Sapta Oktohari yang sukses menggelar Asian Para Games 2018 Jakarta. “Bertemu Okto mengingatkan saya pada tahun 2018, bahkan sebelumnya benchmark di Asian Para Games yang tidak terlupakan oleh para atlet, NPC, dan semua komunitas yang terlibat sebagaimana yang pernah saya katakan, ini bukan hanya sekadar games, tapi lebih lebih dari itu. Karena, apa yang dikerjakan oleh Okto itu out of the box dengan mendorong agar games paralimpiade berjalan dengan sukses dan memberikan legacy yang luar biasa,” katanya. 

“Saya rasa kita semua beruntung memiliki Oktohari. Dia tak cuma bekerja sebagai ketua INAPGOC ataupun Presiden NOC Indonesia tapi dia menjalankan perannya dengan passion,” tambahnya. */azh

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.