PKK Jatim Dukung Penuh Kampung KB

 PKK Jatim Dukung Penuh Kampung KB
Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin berbicara di Fesival Kampung KB di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (18/7)–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Program andalan Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) yakni pembentukan kampung KB, kini mendapatkan support dari Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jatim. Organisasi ibu-ibu yang ada di Pemprov Jatim ini,  sudah membulatkan tekad untuk memikirkan bagaimana kampung KB tetap eksis dan berguna untuk masyarakat.

Selama ini kerja sama antara BKKBN Jatim dengan TP PKK Jatim sudah terbentuk dan saling mendukung. Dan BKKBN sendiri sudah menetapkan PKK sebagai salah satu mitra kerjanya dalam mensosialisasikan program KB secara nyata.

Tidak salah kiranya Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin antusias manakala membuka gebyar Festival Kampung KB di Pendopo Kabupaten Jombang Kamis (18/7). Ia menegaskan agar seluruh kader PKK untuk secara penuh mendukungnya.

Istri Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak,  ini , mengatakan, kalau PKK mempunyai 3 fungsi yang sangat strategis didalam mendukung kampung KB. Ketiga fungsi tersebut meliputi kader PKK sebagai penyuluh, penggerak masyarakat dan pencatatan sederhana.

Menurutnya, Kampung KB yang ada di Jatim telah terbentuk di setiap kecamatan. Kepada seluruh kader PKK harus dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaannya.  Sebab, melalui Kampung KB tersebut juga bisa memberantas persoalan stunting.

Oleh karena itu, lanjutnya, TP PKK Provinsi Jatim sangat mengapresiasi pelaksanaan acara yang digelar oleh Pemkab Jombang, sebagai wujud peran kader PKK dalam mendukung pelaksanaan program Kampung KB.

“Sebagai lembaga yang mendukung program pemerintah, kita mempunyai potensi untuk menggerakkan mulai dari tingkat pusat sampai tingkat dasawisma di lini lapangan. Serta menjadikan kekuatan PKK sebagai salah satu penggiat program pembangunan yang bersinergi,” kata Arumi.

APLIKASI NAWA CITA

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengatakan, Festival Kampung KB ini menjadi rangkaian memperingati Hari Keluarga Nasional (HKN) 2019 di Kabupaten Jombang. Program ini merupakan aplikasi dari Nawa Cita yang digagas Presiden RI Joko Widodo. Salah satu poin penting dari program tersebut yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan.

“Program pemerintah ini sangat luar biasa. Kampung KB sangat dibutuhkan untuk generasi penerus,” ujarnya sembari menambahkan, Kabupaten Jombang telah memiliki 39 Kampung KB yang tersebar di 21 kecamatan. Ini melebihi target satu kecamatan, satu kampung KB.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim H. Yenrizal Makmur, S.P, MM mengatakan, festival ini adalah sarana untuk membangun SDM. Disamping itu juga untuk menekan angka kematian ibu (AKI) hingga  mencapai zero.

Festival Kampung KB Jombang bertema “Dari Kampung Membangun Negeri”. Hadir dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Prov Jatim, Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang beserta Ketua TP PKK Kab. Jombang, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jatim, Ketua Dewan Pakar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Prof. Dr. Haryono Suyono, Camat dan Kepala Desa se-Jombang, Wakil Ketua TP PKK Prov. Jatim, Ketua Pokja PKK Prov. Jatim. ***poedji

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *