Connect with us

Kabar

Peringati Harganas ke-27: BKKBN Jatim Lakukan Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kantor Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur melakukan Pelayanan KB Sejuta Akseptor secara serentak di seluruh Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Pelaksanaan tersebut dalam rangka untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020.

Menurut Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd, Minggu (28/6),  BKKBN Jatim telah melakukan kunjungan di Puskesmas sehari sebelumnya ke Panarukan Kabupaten Situbondo untuk menyaksikan langsung pelayanan KB di wilayah tersebut.

Pengamatan di lapangan pelayanan KB di Situbondo cukup baik dan berjalan sesuai protokol kesehatan.

Dari hasil rekap pelayanan KB sejuta akseptor di wilayah kabupaten Situbondo, mulai tanggal 25-27 Juni 2020, hadir sementara Pelayanan IUD di wilayah tersebut berjumlah 86 akseptor, MOP berjumlah 76 akseptor, implant berjumlah 397 akseptor, suntik berjumlah 185 akseptor, pil berjumlah 1235 akseptor, dan kondom berjumlah 54 akseptor.

Secara keseluruham, menurut Teguh, jumlah akseptor di kabupaten/ kota di Jawa Timur diperkirakan akan terus naik, mengingat animo masyarakat untuk mendapat pelayanan KB cukup besar.

“Dalam penerapan pelayanan KB yang dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur, para calon peserta pelayanan KB akan discrening terlebih dahulu.

Artinya adanya konseling terlebih dulu, dari aspek kesehatan juga di periksa, jika panas atau batuk tidak bisa dilayani,” terang Teguh. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *