Pengambilan Api Abadi Mrapen Tandai Pelaksanaan Pospenas IX Surakarta

 Pengambilan Api Abadi Mrapen Tandai Pelaksanaan Pospenas IX Surakarta

Wagub Jateng Taj Yasin serahkan obor usai pengambilan di Api Abadi Mrapen kepada Direktur PD Pontren Waryono (Kemenag)

JAYAKARTA NEWS – Kemenag menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) tahun 2022. Ajang kali ke-9 ini berlangsung di Surakarta, 23-27 November 2022.

Awal penyelenggaraan Pospenas IX ini ditandai dengan pengambilan api pertama torch relay (pawai obor) di Api Abadi Mrapen Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Pengambilan api pertama Pospenas IX dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, didampingi Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Obor api ini secara estafet kemudian diserahkan kepada Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, sebelum dibawa para santri ke lokasi penyelenggaraan Pospenas IX.

Dalam prosesi tersebut, Taj Yasin mengatakan bahwa Api Abadi Mrapen merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia. Tidak terhitung berapa perhelatan penting di awali dari tempat ini.

“Semoga spirit Api Abadi Mrapen menjadi pelecut semangat bagi seluruh santri di Indonesia, terutama yang akan mengikuti perhelatan Pospenas IX untuk terus meningkatkan prestasi sekaligus cinta kepada negeri,” ujar Taj Yasin.

Waryono Abdul Ghofur menuturkan, setelah pengambilan api obor Pospenas IX, para santri pembawa obor bersama rombongan akan menuju Kota Surakarta. Mereka akan singgah terlebih dahulu di dua pesantren, yakni pesantren Girikesumo, Mranggen, Demak dan pesantren Al Mas’udiyah, Blater, Ungaran, Kabupaten Semarang.

“Di kedua pesantren tersebut, rombongan pembawa obor memohon doa restu kepada para kiai demi kelancaran pelaksanaan Pospenas IX. Keesokan harinya tanggal 22 November 2022, mereka melanjutkan perjalanan ke lokasi Pospenas IX dan akan diterima oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta. Selanjutnya pada tanggal 23 November malam dilakukan prosesi pembukaan Pospenas IX di stadion Manahan,” terang Waryono.

Cikal bakal Pospenas dimulai pada tahun 1999 dengan nama Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antar Pondok Pesantren se-Jawa yang digelar di Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta Selatan. Sementara Pospenas terakhir sebelum ini digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, November 2019.

Pospenas IX mengusung tema tema “Gerak Santri, Bangkit Negeri”. Dalam pelaksanaannya, Kemenag berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga Negara, dan Pemerintah Daerah. Selain Kemenag, ada Kemenko PMK, Kemenpora, Kemendikbud, Kemenparekraf, Kemenkominfo. Terdapat pula Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta selaku tuan rumah.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.