Pemilihan RW Komplek PWI Jaya Mirip Pilkada

 Pemilihan RW Komplek PWI Jaya Mirip Pilkada

Ketua Pemilihan RW Komplek PWI Cilebut, Bogor, Aqila Hasan (kiri), dan gapura masuk Komplek PWI Jaya, Cilebut, Bogor. (ist)

JAYAKARTA NEWS – Ada tampilan baru di komplek PWI Jaya, Cilebut, Bogor. Gerbang komplek memang ada sedikit renovasi dan pengecatan ornamen dengan warna lebih ngejreng. Namun ini hal biasa tentunya. Setiap  tahun jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI gerbang itu juga sering dihias dengan aneka umbul-umbul dan bendera merah putih.

Namun kali ini ada gawe baru, yakni pemilihan Rukun Warga (RW) setempat dikelola lebih serius. Layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat kabupaten/ kota, ada proses penjaringan calon. Dalam Pemilihan RW 08 Komplek PWI Jaya, Kelurahan Cilebut Barat ini ada tiga calon, yakni Sumarso, Gatot Sukardiman, dan Warso Sukma Sejati, masing-masing dari RT 02, RT 06 dan RT 05.

Kreator acara pemilihan RW ini adalah  pemuda Karang Taruna. Selaku ketua pemilihan atau semacam ketua KPU-nya adalah Aqila Hasan, mahasiswa jurusan Ekonomi Bisnis Syariah program internasional Universitas Taskia. Pencoblosan akan dilaksanakan hari Minggu (13/12) 2020.

Guna menghindari kerumunan, sesuai protokol kesehatan, maka panitia akan mendatangi warga ke rumah masing-masing. Jumlah KK di Komplek PWI Jaya sekitar 300 KK dan yang memiliki hak pilih sebanyak 777 orang.

Menurut Aqila, malam ini (9/12) digelar pula debat kandidat di halaman sekretariat RW 08 dengan menghadirkan 3 orang panelis. Mereka adalah para tokoh senior di komplek PWI Jaya, yang dipandu oleh moderator Keniko, mahasiswa UPN Jakarta. Debat kandidat ini untuk lebih memahami dan mempertajam visi dan misi masing-masing kandidat.

Aqila mengatakan, sekitar seminggu sebelum acara pencoblosan pemilihan RW 08, pemuda Karang Taruna mengunggah orasi masing-masing kandidat dalam menyampaikan Visi dan Misinya melalui chanel youtube, Pemuda Komplek PWI.

Selama ini pemilihan RW melalui perwakilan masing-masing RT. “Dengan pemilihan langsung diharapkan bisa meminimalisir keluhan-keluhan warga terhadap kinerja RW. Kan pilihan mereka sendiri,“ kata Aqila. (isw)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *