Pelatih China Sebut Atlet Sanda Indonesia Berpeluang Raih Emas

 Pelatih China Sebut Atlet Sanda Indonesia Berpeluang Raih Emas

Atlet sanda/foto: Wushu Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Pelatih Tim Nasional (Timnas) Wushu Junior Indonesia khusus Sanda, Xia Hong dari China mengakui persaingan akan ketat pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, 5-11 Desember 2022 mendatang. Namun, dia menyebut peluang atlet sanda Indonesia cukup terbuka untuk meraih medali emas.

“Atlet sanda Indonesia cukup bagus dan punya peluang untuk meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior nanti,” kata Xia Hong yang ditemui usai pengumuman Timnas Wushu Junior Indonesia di Mall Bywalk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (6/11/2022).

Xia Hong yang pernah menangani Tim Wushu Myanmar dan Pakistan ini menyebut saingan terberat berasal dari China, Iran dan Vietnam. “Saingan atlet Indonesia hanya dari China, Iran dan Vietnam yang selama ini mendominasi,” katanya.

Anggota Tim Satgas Pelatnas Wushu Indonesia, Herman Wijaya menyebut dari 4 emas yang ditargetkan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto hanya 1 emas diharapkan dapat disumbangkan dari nomor sanda.

“Dari nomor Sanda kita hanya menargetkan 1 medali emas sedangkan 3 emas lagi dari nomor Taolu. Dan, saya yakin target itu bisa terpenuhi melihat motiivasi anak-anak dalam menjalani program latihan selama di pelatnas,” kata Herman Wijaya. 

Di nomor Sanda, Indonesia akan menurunkan 11 atlet yang merupakan atlet terbaik dari hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu di Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Kejurnas Wushu memperebutkan Piala Presiden di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Jawa Timur tahun 2022.

Dari 11 atlet sanda itu didominasi atlet Jawa Tengah dengan 9 atlet. Sedangkan Jawa Barat dan Sumatera Utara hanya menempatkan masing-masing 1 atlet.

Berikut Timnas Wushu Junior Indonesia (Sanda): 

Pra Junior Putra:

1. Kiemas Sakti Negara – 45 kg (Jawa Tengah)

2. Shaddam Achmad Assegaf – 48 kg (Jawa Tengah)

3. Rizki – 52 kg (Jawa Barat)

Junior Putri :

1. Aurella Calysta Purnomo – 48 kg (Jawa Tengah)

2. Nasya Aulia Zahra Wahana – 52 kg (Jawa Tengah)

3. Nabila Puspa Annastasya – 56 kg (Jawa Tengah)

Junior Pa

1. Dewangga Lindu Saputra – 48 kg (Jawa Tengah)

2. Denis Darmawan – 52 kg (Jawa Tengah)

3. Pandu Dian Saputra – 56 kg ,(Jawa Tengah)

4. Ragesta Ganang Pangestu – 60 kg (Jawa Tengah)

5. Yanto Rizel Silaban – 65 kg , (Sumatera Utara).***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.