Pelatih Angkat Besi Bertangan Dingin Itu Ternyata Kini Jadi Milik Thailand

 Pelatih Angkat Besi Bertangan Dingin Itu Ternyata Kini Jadi Milik Thailand

Lukman, pelatih angkat besi Indonesia yang menangani lifter nasional Thailand/foto: NOC Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Pelatih yang mengantongi lisensi Federasi Angkat Besi Internasional (IWF), Lukman dapat tugas dari Asosiasi Angkat Besi Amatir Thailand (TAWA). Pelatih yang mengorbitkan Eko Yuli Irawan, peraih medali pada empat Olimpiade ini ditargetkan meloloskan lifter Negeri Gajah Putih ini ke Olimpiade 2024 Paris.

“Saya dikontrak TAWA hingga Olimpiade 2024 Paris. Jadi, tugas saya mempersiapkan lifter putra Thailand meraih tiket di babak kualifikasi Olimpiade,” kata Lukman yang ditemui saat memimpin Tim Angkat Besi Putra Thailand SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi, pekan lalu.

Pada pesta olahraga dua tahunan negara Asia Tenggara edisi ke-31 itu, Thailand menjadi juara umum cabang olahraga angkat besi dengan mengoleksi 6 emas dan 5 perak, dan 1 perunggu. Ini penampilan Tim Angkat Besi Thailand yang pertama kali setelah terkena sanksi doping sejak 2019 lalu.

Saat ini, kata Lukman, pemerintah Thailand cukup mendukung cabang olahraga angkat besi yang merupakan cabor resmi Olimpiade. Makanya, jelas Lukman, persiapan tim angkat besi Thailand melibatkan sport science.

“Fasilitas Sports Science yang dimiliki Thailand cukup canggih. Dan, TAWA mendukung seluruh program peningkatan prestasi lifter dalam persiapan menghadapi Asian Games 2022 Hangzhou maupun babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris,” tegasnya.

Untuk menopang tugasnya dalam mempersiapkan Tim Angkat Besi Thailand, Lukman berencana mendatangkan Sport Masseur dari Indonesia. “Sport masseur itu penting di cabang olahraga angkat besi. Makanya, saya akan mendatangkannya dari Indonesia,” tegasnya.***azh

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.